PENGARUH PERAWATAN PAYUDARA DENGAN TEKNIK ROOLING MASSAGE TERHADAP KELANCARAN PENGELUARAN ASI PADA IBU MENYUSUI

Main Article Content

Lisna Khairani Nasution Lena Juliana Harahap

Abstract

Pemberian ASI di Indonesia saat ini memperihatinkan, hal ini disebabkan kesadaran masyarakat dalam mendorong peningkatan pemberian ASI masih relatif rendah. Cakupan pemberian ASI Eksklusif di Kota Padangsidimpuan masih rendah yaitu sebesar 25,4%. Target cakupan ASI Eksklusif di Kota Padangsidimpuan sebesar 80%.Perawatan payudara dapat membantu memperlancar pengeluaran ASI.Rolling Massage (punggung) akan memberikan kenyamanan dan membuat rileks ibu karena massage dapat merangsang pengeluaran hormone endorphin serta dapat menstimulasi reflex oksitosin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perawatan payudara dengan teknik rooling massage terhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu menyusui.Penelitian ini dilaksanakan di Praktek Mandiri Bidan Nelly M. Harahap Kota Padangsidimpuan dengan waktu penelitian mulai dari bulan April sampai September 2021. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan one group pretests-posttest only.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner.Hasil penelitian  menemukan bahwa pengaruh perawatan payudara dengan teknik rooling massage terhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu menyusui dengan nilai p= 0,000. Diharapkan kepada ibu menyusui untuk tetap melakukan tindakan rooling massage untuk kelancaran pengeluaran ASI.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Nasution and L. Harahap, “PENGARUH PERAWATAN PAYUDARA DENGAN TEKNIK ROOLING MASSAGE TERHADAP KELANCARAN PENGELUARAN ASI PADA IBU MENYUSUI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 561-564, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Depkes RI. Acara puncak pekan ASI sedunia (PAS) tahun 2014 [artikel di internet].2014 [diunduh 01 Desember 2014].
Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014.
Dinkes.Profil Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara tahun 2012.Medan; 2013.
Profil Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan tahun 2017. Padangsidimpuan 2017
Lestari, D., Zuraida, R., dan Larasati, T. 2013.Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Air Susu Ibu dan Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Fajar Bulan. Medical Journal of Lampung University
Surrinah. 2010. Buku Pintar Mengasuh Batita. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Wulan. S, Gurusinga R. 2012. Pengaruh Perawatan Payudara (breast care) terhadap volume ASI pada Ibu Post Partum. Lubuk Pakam: Stikes Medistra Lubuk Pakam
Perinasia. 2010. Program Manajemen Laktasi. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Fithrah Nurhanifah. 2013. Perbedaan Efektifitas Massage Punggung Dan Kompres Hangat Payudara .JurnalKeperawatan, ISSN 2086-3071 , 100-108.
Rustam, Mochtar. 2012. Sinopsis Obstetri: Obstetri Fisiologi, Obstetri Patologi. Jakarta: EGC
Manuaba, Ida Bagus Gede. 2011. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan Dan KB. Jakarta: EGC
Rini, Susilo dan Kumala, Feti.2016. Panduan Asuhan Nifas dan Evidence Based Practice. Yogyakarta: Deepublish.
Lowdermilk,PerryandCashion,2011.Maternity Nursing. Mosby: Universitas Michigan