PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SUB TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN KELAS III SD NEGERI 101400 NAGASARIBU

Main Article Content

Nur’aini Dalimunthe Sartika Rati Asmara Nasution H. Riswandi Harahap

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam Pembelajaran Tematik di kelas III SD Negeri 101400 Nagasaribu, dimana sebagian besar siswa mengalami kurang antusias dan kurang bersemangat dalam mengikuti  Pembelajaran Tematik, sehingga motivasi belajar siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran Tematik diterapkan Model pembelajaran Interaktif pada siswa kelas III SD Negeri 101400 Nagasaribu. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK (Classroom Action Research).Teknik pengumpulan data yang digunakan angket. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran siklus I perolehan hasil motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik materi teknologi produksi pangan diperoleh motivasi belajar 68,16 yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan belajar 50% dengan kategori cukup, sedangkan pada  siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan motivasi belajar siswa 78 dengan ketuntasan belajar mencapai 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada sub tema teknologi produksi pangan di kelas III SD Negeri 101400 Nagasaribu. 

Article Details

How to Cite
[1]
N. Dalimunthe, S. R. Nasution, and H. R. Harahap, “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SUB TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN KELAS III SD NEGERI 101400 NAGASARIBU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 578-582, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta
Fathurrohman, Muhammad. 2013. Belajar dan Pembalajaran Modern Konsep Dasar, Inovasidan Teori Pembelajaran. Yogyakarta : Garudhawaca.
Majid,A. (2014). Strategi Belajar Pembelajaran. Bandung: Yrama Wdya
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: yrama Widya
Majid,A. (2014). Strategi Belajar Pembelajaran. Bandung: Yrama Wdya
Raumanan, T. G. 2014. Pengembangan Model Interaktif Seting Kooperatif (PISK) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP di Kota Ambon, (Disertai tidak diterbitkan). Uiversitas Negeri Surabaya
Susanto, Ahmad. 2015. Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia
Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1-Tahun 2008