PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS APLIKASI FLIPBUILDER MATERI DIMENSI FISIK DAN MENTAL SPIRITUAL UNTUK BAHAN PELATIHAN KADER BINA KELUARGA LANSIA DI PROVINSI BANTEN

Main Article Content

Priantoro Krisie Nugroho Sholeh Hidayat Sudadio .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis aplikasi flipbuilder pada materi dimensi fisik dan dimensi mental spiritual sebagai bahan pelatihan kader BKL (Bina Keluarga Lansia) di Provinsi Banten. Subyek penelitian ini adalah kader Bina Keluarga Lansia (BKL) di wilayah Kota Serang dan Kabupaten Serang. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Alessi dan Trollip, dan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Keefektifan modul digital berbasis aplikasi flipbuilder diperoleh melalui uji alpha yang dilakukan terhadap tiga (tiga) ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media, dan hasilnya dinyatakan efektif dan sangat layak. Kelayakan modul digital berbasis aplikasi flipbuilder berdasarkan hasil beta test terhadap 3 (tiga) kader BKL, dengan skor rata-rata 77% atau dalam kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul digital dimensi fisik dan mental kader binaan keluarga senior (BKL) berbasis aplikasi flipbuilder terbukti sangat cocok untuk pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Nugroho, S. Hidayat, and S. ., “PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS APLIKASI FLIPBUILDER MATERI DIMENSI FISIK DAN MENTAL SPIRITUAL UNTUK BAHAN PELATIHAN KADER BINA KELUARGA LANSIA DI PROVINSI BANTEN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 583-586, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Alessi and Trollip. Multimedia for learning: Methods and Development. Massachusetts:A Pearson Education. 2001.
Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), BPS (Badan Pusat Statistik), & UNFPA (United Nations Population Fund). 2018. Proyeksi Penduduk Indonesia 2020-2045. Badan Pusat Statistik.
BKKBN, Buku Pegangan Kader BKL Lansia Tangguh. BKKBN,2018.
Cicih, L. H. Peningkatan Kualitas Keluarga Rentan. Info Demografi.2019.
Iskandar Wiryokusumo dalam Afrilianasari.Teori Pengembangan, Surabaya, 2014
Kosasih, E. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya, 2014.
Kosmiyah, I. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2012.
P2M, Tim. Pengembangan E-Modul. LPPM UNS: Surakarta, 2016.
Sanders, Nathan E., Chris Faesi, dan Alyssa A. Goodman, “A New Approach to Developing Interactive Software Modules Through Graduate Education.” J Sci Educ Technol, 2014 DOI. 10.107/s10956-013-9474-4, New York: Springer Science Media, 2013. Diakses tanggal 5 Maret 2021.
Seels, Barbara B. dan Rita C. Richey. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Filed: terjemahan, Dra. Dewi S.Prawiradilaga, M.Sc., Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.12. Jakarta: 1994.
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.
Wahono, Sri. Pembinaan Kesehatan Fisik Bagi Lansia. Semarang : BKKBN. 2013.
Widodo dan Jasmadi. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2008.
Smaldino, Sharon; James D. Russel; Robert Heinich; Michael Molenda. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall, Upper Saddle River, 2005
Sungkono. Pengembangan Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. E Jurnal UNY, 2012