IMPLIKASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA COVID 19 TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Hema Widiawati Hanikah . Silvi Widyaningsih

Abstract

Pengembangan dan penelitian ini mengadopsi model pengembangan Alessi dan Trollip, yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Melalui pengujian alpha terhadap 3 (tiga) orang ahli (yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media), diperoleh keefektifan modul flip digital berbasis aplikasi, dan hasilnya dinyatakan efektif dan sangat layak. Kelayakan modul digital berbasis aplikasi flipbuilder berdasarkan hasil beta test terhadap 3 (tiga) kader BKL, dengan skor rata-rata 77% atau dalam kategori layak.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul digital dimensi fisik dan mental kader binaan keluarga senior (BKL) berbasis aplikasi flipbuilder terbukti sangat cocok untuk pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Widiawati, H. ., and S. Widyaningsih, “IMPLIKASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA COVID 19 TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 578-591, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Galuh, Safitri Nawang dkk.Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.Universitas Negeri Semarang.
Ilmi, Al idrus S.F dkk.2020. Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Dasar Melalui Karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol 4 no.1, 137-146.
Indaayu, P. 2017. Peran Pendidikan Karakter Dalam Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.1 (1).344-347.
Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mariam, R. S., Hidaya, M. F., & Utami, I. I. S. (2020).Antisipasi Penurunan Keterampilan Sosio-emosional Pelajar Saat Pandemik COVID-19.Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 97. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2832
Peter Airasian, dan L.R. Gay, Educational Research, Competencies for Analysis and Aplication, Six edition, Amerika: Pretince Hall, 2000
Sumantri, S. M. 2015. Pengantar Pendidikan. Hakikat Manusia dan Pendidikan.MKDK4001/MODUL 1.
Surya, Wibawa Indra. 2013. Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga dan Yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SMK PGRI Sentolo.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020).Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.