MENINGKATKAN KELENTINGAN NILAI-NILAI SHALAT PADA ANAK USIA DINI OLEH ORANG TUA

Main Article Content

Khoironi . Mashdaria Huwaina

Abstract

Ketahanan nilai-nilai doa harus ditanamkan pada anak usia dini. Dikatakan bahwa usia dini adalah usia yang paling baik untuk menanamkan nilai-nilai shalat, sehingga ketika dewasa, anak-anak akan terbiasa berdoa sendiri tanpa ada paksaan atau perintah dari orang-orang di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan resiliensi nilai-nilai doa orang tua pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di PAUD TK 'Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan angket online dengan skala penilaian untuk memahami nilai salat anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik dengan regresi, sehingga data yang disajikan menunjukkan tinggi rendahnya peran orang tua dalam ketahanan nilai-nilai shalat pada anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua di TK'Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung termasuk dalam kategori baik, dengan nilai 110,775 dan korelasi antar variabel sebesar 5%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai resiliensi shalat dipengaruhi oleh pendidikan shalat dini hari dalam keluarga.

Article Details

How to Cite
[1]
K. . and M. Huwaina, “MENINGKATKAN KELENTINGAN NILAI-NILAI SHALAT PADA ANAK USIA DINI OLEH ORANG TUA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 601-606, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak: Studi Pada Masyarakat Dayak (Studi Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.28
Ardiansari, Bina Fitriah dan Dimyati. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 1 (2022) Pages 420-433. https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.926
Asmawati, Luluk. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip. Vol. 3, No.1, 2020, Hal. 216-223.
Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10. https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2i2.37
Nurtiani, Ayi Teiri dan Destisatifa. 2019. Analisis Penerapan Nilai-Nilai Moral Agama Anak Kelompok Bermain Di Paud Melati Banda Aceh. Jurnal Buah Hati Vol. 6, No. 1 Maret 2019.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1), 1-14. https://Doi.Org/10.19109/Intelektualita.V5i1.720
Pulungan, Enny Nazrah. (2018). Peranan Orang Tua Dalam Mengajarkan Pendidikan Shalat Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Raudhah. Raudhah, Vol. 06 No. 01, Januari-Juni 2018, Issn: 2338-2163.
Safitri Novia, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Yosep Aspat Alamsyah. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Jece (Journal Of Early Childhood Education) 1 (2), Desember 2019, 29-44. http://Dx.Doi.Org/10.15408/Jece.V1i2.13312
Saputra, M. A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di R.A. Ddi Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam: Jurnal Penelitian Agama Dan Sosial Budaya, 14. https://Doi.Org/10.31969/Alq.V20i2.190
Susanto, Ahmad. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Sosioreligi Volume 15 Nomor 1, Edisi Maret 2017.
Syafaruddin, Herdianto, Ernawati. (2011). Pendidikan Prasekolah, Perspektif Pendidikan Islam Dan Umum. Medan: Perdana Publishing.
Thalib, Syamsul Bachri. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris dan Aplikatif, E. 1., Cet. 1. Kencana. Jakarta.
Yasmin, Martinis, dan Jamilah Sabri Sanan. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini Paud, Cet. I. Gp Press. Jakarta.
Zelvi, Ariffiana. (2017). Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini dalam Keluarga di Kampung Gambiran Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 1 Tahun Ke-6.