PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X DI SURABAYA

Main Article Content

Dimas Hendra Sasmita Wiwik Sri Utami Eko Budiyanto

Abstract

Standar Nasional Pendidikan (SNP) berfungsi sebagai dasar strategi pengembangan pendidikan berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pendidikan. Evaluasi pelaksanaan pendidikan dilaksanakan melalui akreditasi dan ujian nasional (UN). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis nilai ujian nasional berbasis komputer (UNBK) berdasarkan skor akreditasi per butir instrumen dengan menerapkan pemodelan klasifikasi random forest multikelas. Penelitian ini menggunakan data UNBK tahun 2018 dan data hasil akreditasi tahun 2017 dan 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah pemodelan klasifikasi random forest multikelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, berdasarkan evaluasi model, nilai akurasi klasifikasi dalam pemodelan klasifikasi random forest multikelas sebesar 83.49%. Kedua, model ini menghasilkan tingkat kepentingan variabel prediktor (butir-butir instrumen akreditasi) dalam mengklasifikasikan nilai rataan UNBK yakni kondisi laboratorium (x71, x68, x69, x67), instalansi listrik (x62), prasarana (x64), kantin (x83), kondisi laboran (x55), petugas layanan khusus (x56), guru tersertifikat (x39), tenaga perpustakaan (x54), kepala administrasi (x51), kegiatan literasi S/M bagi peserta didik (x33), penggunaan buku teks (x14), dan kerja sama masyarakat/mitra dalam pengelolaan pendidikan (x96). Berdasarkan indikator variabel penting tersebut, SNP yang memiliki peran penting adalah Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Standar Kompetensi Lulusan. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan sarana dan prasarana, kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, serta kompetensi lulusan.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sasmita, W. Utami, and E. Budiyanto, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X DI SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 621-631, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Abror.Abd Rahman. 1993. Psikologi Pendidikan.Pontianak: PT Tiara Wacana Yogya.
Achmad, W. (2021). Citizen and Netizen Society: The Meaning of Social Change From a Technology Point of View. Jurnal Mantik, 5(3), 1564-1570.
Alwi dan Hasan. 2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa DEPDILNAS Balai Pustaka.
AM. Sardiman. 1986. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Arifin, zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. : PT remaja rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta.: PT RajaGrafindo Persada.
Ayuningrum, Fiskha. 2012. Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X Pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental Di SMKN 2 Godean.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Bahrun. Muhammad. 2018. Peningkatan Pembelajaran Dan Penelian Pembelajaran Abad 21dalam Meningkatkan Kualitas Kualitas Pemebalajaran di SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Budiarti, Indriani. 2016. Pengembangan Media Scrabble Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Ma Negeri 1 Pesawaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung : Universitas Lampung
Damayanti, Nurul. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi SMA. Jakarta : Universitas Pendidikan Jakarta.
Dadi, D. (2021). PEMBANGUNAN PERTANIANDANSISTEM PERTANIAN ORGANIK: BAGAIMANA PROSES SERTA STRATEGI DEMI KETAHANAN PANGAN BERKELANJUTAN DI INDONESIA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 566-572.
Fitriyani, Pipit. 2018. Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Jakarta : asosiasipascaptm.or.id
Geogragieva, Evgeniya, Angel Smrikarov, and Tsvetozar Georgiev. 2015. A General Classifacation Of Mobile Learning Sytemes International Computer Systems and Technologies - CompSys TEch.8.
Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah. Tarakan: ejournal.umm.ac.id.
Juwantara, Ridho Agung. 2019. Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta:AL-Adzka
Maulida, H. (2020). PERILAKU KOMUNIKASI DI SEKOLAH RAMAH ANAK KOTA MAGELANG. Sosio Informa, 6(3), 239-251.
Maulida, H., & Nugrahenti, M. C. (2020) Edukasi Hukum Dan Etika Bermedia Sosial Bagi Gen Z. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 115-122.
Nugrahenti, M. C., & Maulida, H. (2021). Protection of Children in Child Learning During the Covid-19 Pandemic Indonesia. Musamus Law Review, 3(2), 58-71.
Rini, Diyah Puspita. 2016. Pengaruh Karakter Generasi Z dan Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Rahmawati, S., & Dadi, D. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KOMPONEN EKOSISTEM. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).
Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP BERBASIS PESANTREN. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12-17.
Praningsih, mega. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Upayah Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Geografi Pada Materi Interaksi Desa Dan Kota Kelas XII IPS Sma Negeri 8 Surabaya Melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Penerapan Media Facebook. Surabaya : SMAN Negeri 8 Surabaya.
Prasetya, Sukma perdana. 2014. Media pembelajaran geografi. Yogyakarta: ombak (anggota IKAPI).
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187-197.
Rini, Diyah Puspita. 2016. Pengaruh Karakter Generasi Z dan Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Samani. 2016. Semua “Dihandle” Google Tugas Sekolah Apa?. Surabaya: Enesa University Press
Sadiman, Arief,dkk.2010. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnya. Jakarta : Rajawali Press.
Setyantoko, Maranthika. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Atletik Untuk Siswa Smp Kelas VII.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Soeharto, Karti dan Mustai.1997. Dasar-dasar Media pembelajaran. Surabaya: Unipers.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV ALFABETA
Suharsimi. 2001. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sumaatmadja, Nurssid. 1988. Studi Geografi dan Analisis Keruangan. Bandung: PT Alumni.
https://www.apjii.or.id