PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN MATERI GERAK KAYANG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Article Content

Muhammad Khairul Anam Aunurrahman . Eny Enawaty

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa video turorial pembelajaran materi gerak kayang pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model desain ADDIE, melalui tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implementation, dan (5) Evaluate. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Pontianak kelas IX dengan total partisipan 40 orang siswa serta dilakukan validasi instrumen dengan 2 orang validator memperoleh hasil total keseluruhan 4,35 (sangat baik),  kemudian validasi produk dengan masing-masing 2 orang validator menunjukkan validasi materi memperoleh hasil total keseluruhan 3,85 (sangat baik), validasi media memperoleh hasil total keseluruhan 3,5 (sangat baik) dan  validasi desain memperoleh hasil total keseluruhan 3,4 (sangat baik). Kemudian hasil pada uji satu-satu, uji kelompok kecil dan uji lapangan terhadap produk video turorial pembelajaran materi gerak kayang menunjukkan hasil “sangat baik”. Adapun hasil uji effect size yang dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan produk menunjukkan hasil effect size 1,3 berada pada kategori tinggi terhadap efektivitas latihan gerak kayang.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Anam, A. ., and E. Enawaty, “PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN MATERI GERAK KAYANG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 109-115, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Agus Mahendra, MA. (2000). Senam. Departemen Pendidikan Nasional.
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Matematika, 2(2), 144–151. (Online). (https://doi.org/10.26858/jnp.v2i2.1974, diakses 14 April 2021).
Danim, Sudarwan. (2008). Kinerja Staf dan Organisasi. Pustaka Setia: Bandung.
Harsono. (1988). Coaching an Aspek-Aspek Psykologis Dalam Coaching. C.V. Tambak Kusuma: Jakarta.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Punaji Setyosari. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana: Jakarta.
Rusman, dkk. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers: Bandung.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Yusuf Hadi Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Prenoda Media: Jakarta.