PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PENDIDIKAN NILAI TOLERANSI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Article Content

Fransiska . Aunurrahman . Fadillah .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media animasi pembelajaran; dan (2) mendeskripsikan efektivitas media animasi untuk pendidikan nilai sikap toleransi pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian pengembangan ini menggunakan model desain ADDIE dengan lima langkah, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Desain dalam penelitian ini divalidasi oleh dua orang validator instrumen dan masing-masing tiga orang validator desain, validator media dan validator materi dengan hasil validasi produk secara keseluruhan menunjukkan hasil sangat baik. Data penelitian didapat dari instrumen kuesioner dan skala pengukuran nilai sikap toleransi siswa. Penelitian ini melibatkan 46 orang siswa kelas VII SMP Katolik Santu Petrus Pontianak dengan hasil pada uji satu-satu, uji kelompok kecil dan uji lapangan terintrepretasi sangat baik. Adapun hasil uji efektivitas produk diperoleh dari hasil penilaian diri dan penilaian antar teman menunjukkan nilai effect size 1,03, artinya nilai efektivitas tinggi. Hasil uji effect size ini membuktikan bahwa media animasi yang dikembangkan efektiv untuk pembelajaran nilai-nilai sikap toleransi siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
F. ., A. ., and F. ., “PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PENDIDIKAN NILAI TOLERANSI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 77-83, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach 13. Springer: New York.
Fakhruddin, Ahmadi, Trimurtini, & Khassanah, K. (2017). The Development of Buku Pop Up Book Media to Improve 4th Grade Students Learning Outcomes of Civic Education. 3rd International Conference on Theory & Practice (pp. 33-41). Apiar: Semarang.
Gunarsa, S.D. (1986). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. BPK Gunung Mulia: Jakarta.
Herli, Ali Suyatno. 2013. Pengelolaan BPR dan Lembaga Keuangan Pembiayaan Mikro. Andi Yogyakarta: Yogyakarta.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Meyer, J.P dan Allen, N.J. (2003). Commitment in the Workplace (Theory Research and Application). Sage Publications: London.
Molenda. (2003). In search of the ellusive ADDIE model. Pervormance improvement, 42 (5), 34-36. Submitted for publication in A. Kovalchick & K. Dawson, Ed’s, Educational Technologi: An Encyclopedia. Copyright by ABC- Clio, Santa Barbara, CA,. http://www.indian.edu.
Nur, M. Ghufron. (2016). Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Fikrah, diakses 22 Januari 2021.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Yusuf, LN Syamsu. (1989). Disiplin Diri dalam Belajar Dihubungkan dengan Penanaman Disiplin yang Dilakukan Orang Tua dan Guru. Tesis FPS IKIP Bandung: Bandung.