MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Main Article Content

Deti Rostini Lina Herlina Hanafiah .

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang optimalnya pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi disajikan dengan metode yang konvensional dan cenderung kurang mengaktifkan siswa, pemahaman guru dengan pendekatan Problem Based Learning dalam kurikulum 2013 yang kurang baik dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya berdampak negatif terhadap mutu pembelajaran baik dilihat dari sisi proses maupun hasil pembelajaran. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui manajemen peningkatan mutu pembelajaran biologi menggunakan pendekatan Problem Based Learning di MAN Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan pendekatan Problem Based Learning. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan Problem Based Learning meliputi merumuskan masalah, mengidentifikasi masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, pengujian hipotesis dan merumuskan rekomendasi pemecahan masalah. Pelaksanaan pembelajaran tersebut belum maksimal. Kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan pendekatan Problem Based Learning meliputi kendala dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Yang menjadi faktor solusi pelaksanaan pendekatan Problem Based Learning adalah: 1) Kebijakan Kepala Madrasah; 2) Guru yang kreatif; 3) media pembelajaran, sedangkan yang menjadi faktor kendala pelaksanaan pendekatan Problem Based Learning untuk meningkatkan mutu pembelajaran diantaranya: kurikulum yang berubah-ubah; kesiapan siswa; dan waktu.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Rostini, L. Herlina, and H. ., “MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 658-664, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Achmad, W. (2021). Citizen and Netizen Society: The Meaning of Social Change From a Technology Point of View. Jurnal Mantik, 5(3), 1564-1570.
Ahmad Fuad. 2010. Budidaya Tanaman Sawi (Brassica juncea L). Skripsi Mahasiswa Fakultas Pertanian. Universitas Surakarta
Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Herlina, L., & Rostini, D. (2019). Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Virus Kelas X Mipa 4 Man 2 Bandung Kabupaten Bandung. Nusantara Education Review, 2(3), 211-218. Retrieved From Http://Ojs.Spsuninus.Ac.Id/Index.Php/Ner/Article/View/85
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Maulida, H. (2020). PERILAKU KOMUNIKASI DI SEKOLAH RAMAH ANAK KOTA MAGELANG. Sosio Informa, 6(3), 239-251.
Nana Syaodi, Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, cet kedua.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nurwati, N., & Mulyana, N. (2021). RESILIENSI KELUARGA SINGLE PARENT DENGAN ANAK SKIZOFRENIA. MEDIA BINA ILMIAH, 14(8), 3061-3064.
Oemar Hamalik. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo.
Paull Eggen Don Kauchak, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Jakarta: PT.Indeks
Permendikbud (2016.) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendididkan.
Permendikbud. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187-197.
Pudji Muljono. (2006). Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Buletin BSNP. Vol.1/No.2/Mei 2006.
Rostini, D., Wijanarko, D. S., Fajarianto, O., Ratnawati, E., Siswoyo, M., & Harsono, Y. (2019). Innovation education character based on management learning at junior high school. International Journal of Recent Technology and Engineering.
Sauri, R. S. (2020). Manajemen Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP. Nusantara Education Review, 3(1), 99-108.
Sudrajat, A. R., Setiawan, E., Febianti, F., Kusdinar, R., & Sulastri, L. (2019, November). Multi-Perspective Approach to Identify Strategic Issues: A Case Study of Traditional Market Management at West Java. In Iapa Proceedings Conference (pp. 199-209).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syam, R. Z. A., Indah, R. N., Sauri, R. S., & Ruqayah, F. COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MODEL LEARNING PLAN IN IMPROVING ENGLISH READING SKILL. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(2), 222-232.