STRATEGI NATION BRANDING KOREA SELATAN MELALUI IMAGINE YOUR KOREA TAHUN 2016-2018

Main Article Content

Fani Amelia Putri Mansur Juned Andi Kurniawan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis upaya nation branding Korea Selatan memanfaatkan Korean Wave dalam bidang pariwisata melalui program Imagine Your Korea tahun 2016-2018. Korea Selatan melakukan upaya nation branding karena banyak publik internasional yang masih menganggap bahwa Korea Selatan dan Korea Utara merupakan negara yang sama. Selain itu, Korea Selatan mengalami penurunan jumlah wisatawan di tahun 2017. Sehingga, pemerintah Korea Selatan melakukan nation branding untuk membentuk citra positif. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, artikel ini akan menganalisis bagaimana strategi pemerintah Korea Selatan dalam melakukan nation branding dalam bidang pariwisata melalui tourism brand Imagine Your Korea. Melalui promosi nation branding dalam bidang pariwisata ini, Korea Selatan ingin membentuk identitas Korea Selatan sebagai negara tujuan wisata yang trendi dan modern..

Article Details

How to Cite
[1]
F. Putri, M. Juned, and A. Kurniawan, “STRATEGI NATION BRANDING KOREA SELATAN MELALUI IMAGINE YOUR KOREA TAHUN 2016-2018”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 669-676, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Aziz, A. A. (2013). Hallyu: Sarana Peningkatan Daya Tarik Korea (Buku Pengantar Korea Seri Ke-6). Inakos.
Cheng, L. C. (n.d.). The Korea Brand: The Cultural Dimension of South Korea‟s Branding Project in 2008. 75.
Bak, L. M. (2008). Retrieved from http://www.korea.net/Government/Briefing- Room/Presidential-Speeches/view
UNWTO. (2014, juli 30). Retrieved from unwto.org: https://www.unwto.org/archive/global/news/2014-07-30/korea-tourism-organization-kto-launches-its-new-tourism-brand-imagine-your-korea
News, B. (2017, Juli 11). South Korea tourism hit by China ban. Retrieved from bbc.com: https://www.bbc.com/news/business-40565119
Kontan.co.id. (2017, Maret 4). China boikot bisnis Korsel. Retrieved from internasional.kontan.co.id: https://internasional.kontan.co.id/news/china-boikot-bisnis-korsel
Dinnie, K. (2009). Repositioning The Korea Brand To A Global Audience: Challenges, Pitfalls, and Current Strategy. Korea Economic Institute, Academic Series Paper, 1.
Diaz, M. I. (2018). Upaya Promosi Jazz Sebagai Bentuk Nation Branding Amerika Serikat di Era Perang Dingin. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, Vol. 7 No. 3, 218.
Schwak, J. (2014). National identity in the era of global competitiveness: a critical analysis of nation branding through the case of South Korea. the Second Euroacademia International Conference Identities and Identifications: Politicized Uses of Collective Identities, City University of Hong Kong, 6.
newsvideo. (2018, September 7). [Arirang TV] Imagine Your Korea 'DAILY LIFE' Korea Asks You, Have you ever? EXO _ CHANYEOL. Retrieved from newsvideo.su: https://newsvideo.su/video/9308386
ABOUT ARIRANG. (n.d.). Retrieved from arirang.com: https://www.arirang.com/prroom/about_arirangn1.asp?sys_lang=Eng
1330 TRAVEL HELPLINE & COMPLAINT CENTER. (n.d.). Retrieved from Korea Tourism Organization: http://english.visitkorea.or.kr/enu/TRV/TV_ENG_3_1.jsp
Tourist Police. (n.d.). Retrieved from Korea Tourism Organization: http://english.visitkorea.or.kr/enu/TRV/TV_ENG_3_3.jsp
Korea National Tourism Organisation launches Imagine your Korea campaign. (2017, Agustus 24). Retrieved from Festive Korea: http://www.festivekorea.com/en/blog/korea-national-tourism-organisation-launches-imagine-your-korea-campaign/
Sang-Hun, C. (2018, Februari 3). Pyeongchang’s Winding Path From Obscurity to Olympics Fame. Retrieved from nytimes.com: https://www.nytimes.com/2018/02/03/world/asia/pyeongchang-winter-olympics-south-korea.html
ADMIN, K. (2019, Maret 6). Pyeongchang, Kota Alam & Olahraga. Retrieved from visitkorea.or.id: https://www.visitkorea.or.id/article/pyeongchang-kota-alam-olahraga
Yoon, K. J. (2011). South Korean Public Opinion on North Korea & the Nations of the Six-Party Talks. The ASAN Institute for Policy Studies.
Markessinis, A. (2008). Anholt's Nation Brand Index 2008 relesead.
korea, v. (2007, Desember 6). Retrieved from english.visitkorea: https://english.visitkorea.or.kr/enu/KOO/OO_EN_13_2_2.jsp?keyword=&searchType=&gotoPage=22&cid=347609
Hae, D. J. (2010, Februari 1). TheKoreaTimes. Retrieved from koreatimes.co.kr: https://www.koreatimes.co.kr/www/news/nation/2010/02/113_60112.html
Ah, L. S. (2014, Juli 23). Korea.net. Retrieved from http://www.korea.net/NewsFocus/Travel/view?articleId=120713
Indonesia, D. (2017, November 8). KOREA SELATAN BEBASKAN VISA TURIS WNI. Retrieved from destinasian.co.id: https://destinasian.co.id/korea-selatan-bebaskan-visa-turis-wni/
Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta CV.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Organization, K. T. (n.d.). TOURIST INFORMATION CENTERS. Retrieved from english.visitkorea.or.kr: https://english.visitkorea.or.kr/enu/TRV/TV_ENG_3_2_1.jsp
Government, S. (2019, Januari 22). Anholt-GfK Roper Nation Brands IndexSM: 2018 report for Scotland. Retrieved from gov.scot: https://www.gov.scot/publications/anholt-gfk-roper-nation-brands-indexsm-2018-report-scotland/pages/4/