IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANGKEP

Main Article Content

Dahaluddin . Muhammad Rakib Eka Apriyanti

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan pramuka di sekolah, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil penelitian berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pada; (a) kegiatan olahraga dilaksanakan secara sistematis, membantu peserta didik untuk mengerti dan memahami nilai-nilai perilaku manusia, serta  selalu ditanamkan rasa taqwa, bertanggungjawab dan berperilaku yang sopan, (b) kegiatan pramuka dilaksanakan dengan melakukan sholat berjamaah di setiap persami dan persari, berdoa sebelum melakukan kegiatan pramuka, menjaga kebersihan di sekitar tempat kegiatan dan strategi pemberian keteladanan, pembiasaan dan pengarahan yang dilakukan secara berulang-ulang, (2) faktor-faktor yang mendukung implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler diantaranya sarana prasarana yang memadai, lingkungan yang kondusif dari sekolah maupun orangtua dan kebijakan sekolah itu sendiri terhadap anggaran, sedangkan faktor-faktor penghambat diantaranya adanya pandemi covid 19 yang mengganggu tatap muka, adanya anggaran yang terbatas, cuaca dan pengaruh lingkungan yang kurang baik.

Article Details

How to Cite
[1]
D. ., M. Rakib, and E. Apriyanti, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANGKEP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 129-135, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793
Atika, S. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di SLB Al Ishlaah Padang. E-JUPEKhu, 3(3), 747–755.
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 54–63.
Dedi, R. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1), 16–25.
Diyah Lusiana, W. L. (2013). Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Karakter Bangsa Mata Pelajaran PKN SMK. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 2(1), 1–6.
Hamid, A., & Sudira, P. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 138–152. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1592
Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994
Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi, N. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Physical Activity Journal, 1(2), 133. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2394
Kurniawan, U., Sarosa, D., & Tyasari, R. (2011). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.
Mulvey, C. (2014). Wage Policy and Wage Determination in 1983. Journal of Industrial Relations, 26(1), 112–119. https://doi.org/10.1177/002218568402600108
Ratnawati, D. (2016). Kontribusi Pendidikan Karakter Lingkungan Keluarga Terhadap Soft Skill Siswa Smk. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 01(1), 23–32.
Sudrajat, A. (2011). Pendidikan Karakter, strategi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Kerakter Bangsa Dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan Karakter Sma, 3(1), 36–49.
Suwito, A. (2012). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Ke Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Melalui Rpp. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(2), 1–21.
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(February 2012), 1–13.
Ulfiani, T. (2012). Peran Boarding School pada SMP IT Abu Bakar Yogyakarta sebagai Salah Satu Upaya Penerapan Pendidikan Karakter. Pendidikan Kerakter, 1(2), 14–53. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8026%0A