PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL UNTUK PEMBELAJARAN BAKERY PASTRY BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Main Article Content

Arini Prasetyoningtyas Atiqoh . Djoko Adi Waluyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan serta kelayakan pada video yang dikembangkan; dan (2) menghasilkan media Video Tutorial Pembuatan Kue Adonan lembaran Puff Pastry. Pengembangan ini menggunakan Model Dick and Carey. Uji kelayakan dilakukan oleh Ahli isi/Materi dan Ahli Media. Uji coba produk Video Tutorial dilakukan kepada 30 siswa kelas XI SMKN 2 Mojokerto. Jenis data yang diambil berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Dengan pengambilan data dilakukan dengan instrument angket. Penilaian yang dilaksanakan pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif yaitu one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Hasil review pada ahli materi/isi sebesar 86%, review Ahli Media sebesar 97,69% dengan interpretasi masing-masing kelayakan adalah sangat layak. Sedangkan dari hasil perhitungan menggunakan Uji T diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005 dan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada perbedaan yang signifikan dan nyata antara rata-rata hasil belajar siswa pada penilaian Pre Test dan Post test.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Prasetyoningtyas, A. ., and D. Waluyo, “PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL UNTUK PEMBELAJARAN BAKERY PASTRY BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 167-171, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Agip, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : Yrama
Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2015). The Systematic Design of Instruction 8th ed. New Jersey: Pearson.
Furi, U., & Mustaji, n. (2017). Pengembangan Media Video Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Bagi Siswa Kelas Xi Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 91--100. doi:https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p91--100
Maulana, A., Sekartaji, G., Arthur, R., & Dewi, L. (2019). Pengembangan Media Video Presentasi Pada Mata Kuliah Hidrologi Di Universitas Negeri Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 170--183. doi:https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p170--183
Tanaka, M., Takahashi, T., & Yamamoto, H. (2003). Simultaneous Live Video Presentation During Knee Arthroscopy. Jurnal of Orthopaedic Science, 8(4), 518-521. Doi: https://doi.org/10.1007/s00776-003-0670-6
Hamalik, Oemar. 2001. Pendidikan Tenaga Kerja Nasional: Kejuruan, Kewirausahaan dan Manajemen. Bandung. PT. Citra Aditya Bakti.
Handayani, A., Setyosari, P., & Sulthoni, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Multimedia untuk Siswa Kelas VIII SMP Islam Yakin Tutur Kabupaten Pasuruan. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 19-28. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2073
Kurniawan, M.F. T., & Rokhmani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan (Studi Pada Kelas XI APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari Materi Aspek Organisasi). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 72-77. DOI: https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p072
Kustandi, dkk. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor; Ghalia Indonesia.
Lukitarini, R., Wiryokusumo, I., & Suhari, S. (2020). Pengembangan Media Video Gerak Tari Sparkling Surabaya pada Mata Pelajaran Seni Budaya bagi Siswa SMP. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 67-75. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p067
Rahmadani, R., & Idrus, Y. (2020). Pengembangan video tutorial macam-macam tusuk hias dasar sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas XI Jurusan Tata Busana SMKN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Kapita Selekta Geografi. 3(2), 10-19. DOI: https://doi.org/10.24036/ksgeo.v3i2.392
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238-1243. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964
Setiaji, D. H. (2016). Pengembangan Media Computer Assisted Instruction (CAI) Untuk Perhitungan Volume Pekerjaan dan Analisis Biaya Bahan Pada Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 102 - 114. https://doi.org/10.21009/jtp.v18i2.1491
Sugiyono. (2008). Metode Penlitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tembang, Y., Sulton, S., & Suharjo, S. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 2(6), 812-817. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9402
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2020). Pengembangan Video Tutorial Dalam pembelajaran Sistem Pengapian Di SMK. Jurnal Taman Vokasi. 6(1). 68-76. DOI:10.30738/jtvok.v6i1.2839
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. TAMAN VOKASI. 6(1), 68-76. DOI:10.30738/jtvok.v6i1.2839
Gisslen, W. (2005). Professional Baking Forth Edition. New Jersey : John Wiley & Sons.