ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 6

Main Article Content

Zulia Rahmawati Galih Istiningsih

Abstract

Era globalisasi seperti saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang berkulialitas. Salah satu penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan sanis. Literasi sains menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran sains di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Kurikulum 2013 yang menekankan pada 4 aspek yaitu sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai jalan untuk menyelidiki, sains sebagai cara berpikir, serta interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar buku yang dianalisis lebih menampakkan aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan dan sains sebagai jalan untuk menyelidiki. Persentase untuk aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan dan sains sebagai jalan untuk menyelidiki sama yaitu 33%. Aspek sains sebagai cara berpikir memiliki persentase sebasar 31% dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat memiliki persentase sebesar 3%. Secara keseluruhan ke empat aspek literasi sudah direflesksikan namun ada beberapa sub indikator aspek yang tidak muncul.

Article Details

How to Cite
[1]
Z. Rahmawati and G. Istiningsih, “ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 6”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 217-222, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Anggreni L.D, Jampel N. and Diputra K.S Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Literasi Sains [Journal]. - Bali : Jurnal Mimbar Ilmu, 2020. - Vol. 25.
Depdiknas Pusat Perbukuan Standar Penilaian buku pelajaran sains: Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional [Report]. - Jakarta : PDFCOFFEE, 2003.
Fazilla Sarah Kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD pada mata kuliah konsep sains [Journal]. - [s.l.] : Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2016. - Vol. 3.
Hidayani Fajar, Rusilowati Ani and Masturi Pegembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis [Journal]. - Semarang : Unnes Physics Education Journal, 2016.
Iskandar Ghisni Nasywati Analisis literasi sains pada buku ajar biologi SMA/MA kelas XII [Journal]. - Bandung : UIN SUNAN GUNUNG DJATI, 2021.
Lasminawati Endang and dkk ANALISIS CAKUPAN LITERASI SAINS DALAM BUKU PELAJARAN BIOLOGI PEGANGAN SISWA KELAS XI KURIKULUM 2013 [Journal]. - Mataram : Jurnal Pijar MIPA, 2018. - Vol. 20.
Maturradiyah N. and Rusilowati A. Analisis buku ajar fisika SMA kelas XII di kabupaten Pati berdasarkan muatan literasi sains [Journal]. - Semarang : Unnes Physics Education Journal, 2015.
RN Endah Wahyu, Fathurohman Apit and Sardianto ANALISIS BUKU SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP/MTs BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS [Journal]. - Sumatra Selatan : Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2016. - Vol. 3.
Rohmah Ulfa Nadiyatur, Ansori Yoyo Zakaria and Nahdi Dede Salim Pendekatan pembelajaran STEM dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar [Journal]. - Majalengka : FKIP UNMA, 2019.
Sutrisna Nana Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di kota Sungai penuh [Journal]. - Sungai Penuh : Jurnal Inovasi Penelitian, 2021. - Vol. 1.
Utami Ririn Tri and Desstya Anatri Analisis Cakupan literasi sains dalam buku siswa kelas V tema 4 karya ari subekti di sekolah dasar [Journal]. - SUrakarta : jurnal Basicedu, 2021. - Vol. 5.
Yuliyanti T.E and Rusilowati Analisis Buku Ajar Fisika SMA kelas XI berdasarkan muatan literasi sains di kabupaten tegal [Journal]. - Tegal : Unnes Physics Education Jurnal, 2014. - Vol. 3.