PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI BIMBINGAN BELAJAR

Main Article Content

Iwan Sunarya Panjaitan Regina Sipayung

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: Mendeskripsikan bagaimana persepsi orang tua siswa terhadap pembiayaan pendidikan di bimbingan belajar. Teknik pengumpulan data lebih banyak lebih banyak pada observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun instrument pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi, dan Pedoman Wawancara. Metode analisis data melalui empat tahap, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan persepsi orang tua siswa SMA terhadap biaya pendidikan di Lembaga bimbingan belajar yang relatif mahal adalah hal yang wajar karena  berperan sebagai pendidikan bayangan yang terjadi di luar saluran formal sistem pendidikan yang dirancang untuk meningkatkan peluang siswa untuk berhasil ke level pendidikan yang lebih tinggi. Orang tua siswa juga setuju bahwa banyaknya biaya pendidikan di Lembaga bimbingan belajar yang dikorbankan berbanding lurus dengan fasilitas serta layanan pendidikan yang diperoleh. Secara umum, para orang tua tidak akan keberatan mengeluarkan biaya pendidikan dan akan berupaya memenuhi kebutuhan pendidikan anak karena mereka sadar untuk menyiapkan masa depan anak yang baik diperlukan biaya yang tidak sedikit. Mereka dengan sadar mengakui pendidikan adalah investasi penting dan wajib untuk masa depan anak yang lebih baik dan menjadi pribadi yang mempunyai kualitas baik.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Panjaitan and R. Sipayung, “PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI BIMBINGAN BELAJAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 153-157, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Ferdi WP.2013. "Pembiayaan Pendididkan Suatu Kajian Teoritis", Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 19, Nomor 4, Desember 2013 hlm 565-578
Halilul Khairi. 2014. Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Universitas Terbuka, Jakarta
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta
Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Ar Ruzz Media Grup ,Yogyakarta
Munir, A. 2013. "Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam". Jurnal At-Ta’dib, Vol. 8, Nomor 2 hlm. 223–239. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.502
Mosco, Vincent. 1996. The Political Economy of Communication, Sage Publications, London
Rahmat, Abdul. 2014. Pengantar Pendidikan : Teori, Konsep, dan Aplikasi, Ideas Publishing , Gorontalo
Robbins, S. P. 2010. Perilaku Manusia. Versi Bahasa Indonesia: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. PT. Prenhallindo , Jakarta
Siregar, Nina Siti Salmaniah. 2013. "Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak". Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA Vol.1, Nomor 1 hlm.11-27
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta
Syaifudin, Azwar. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Usman, Husaini. 2019. Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta
Yusuf LNS. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling, PT Rosda Karya, Bandung
Zulyanti, Noer Rafikah .2006. "Persepsi Orang Tua Terhadap Lembaga Bimbingan Belajar Di Sakinah Edu Center Lamongan". Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen Volume I No.02, Hlm. 113-119