PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA TEKNIK PEMISAHAN CAMPURAN DENGAN KROMATOGRAFI KERTAS

Main Article Content

Anastasia Ilin Masriani Masriani Rody Putra Sartika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada teknik pemisahan campuran dengan kromatografi kertas yang dikembangkan berdasarkan hasil uji ahli (expert judgement). Bentuk Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah LKPD berbasis discovery learning pada teknik pemisahan campuran dengan kromatografi kertas. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Angket uji kelayakan. Berdasarkan hasil uji ahli, menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persetase kelayakan isi 86,68%, kelayakan penyajian memiliki persentase 91,37%, kelayakan bahasa memiliki persentase 93 dan kelayakan grafika memiliki persentase 88,9.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Ilin, M. Masriani, and R. Sartika, “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA TEKNIK PEMISAHAN CAMPURAN DENGAN KROMATOGRAFI KERTAS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 268-272, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
https://belajarmipa.com, Diakses tanggal 5 juli 2020. Jam 10.20
Nisrina E, 2018. Keefektifan LKS Berbabasis Model Discovery Learning untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Sains. Vol 06 (02).
Prastowo, 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanti Widhy H, 2013. Integrative Science untuk Mewujudkan Skill dalam Pembelajaran IPA SMP, MAkalah Seminar MIPA: UNY.
Sugiona, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.
Thiagarajan, dkk. 1974. Intructional Development for Training Teacher of Exceptional Childern. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Balitbang Diknas.
Trianto, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.