PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Article Content

Elisabet Ani Ayu Senjaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Google Classroom untuk memfasilitasi keterampilan menulis teks bagi siswa sekolah menengah atas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah survei dengan jenis deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah hasil kuesioner berupa jawaban siswa dari Google Form. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI angkatan 2019 yang mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto. Analisis data dilakukan dengan menginterpretasi presentase hasil kuesioner. Hasil penelitian ini adalah (1) Google Classroom diterima sebagai media yang baik dalam pembelajaran dengan e-Learning. Hal ini dilihat dari tampilan yang jelas, kemudahan akses dan penggunaan tools, real time untuk memperoleh pengumuman, materi, pengumpulan tugas, menyimpan dokumen penting, dan sistem yang dapat menghemat waktu serta biaya.  (2) Google Classroom dapat memfasilitasi belajar Bahasa Indonesia. Platform ini dapat meningkatkan minat siswa dan berguna dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis. Siswa bisa memperoleh umpan balik dari guru dengan jelas setelah mengerjakan tugas menulis dan mengirimkan revisi tulisannya. Namun, pada produktivitas keterampilan menulis dan hasil secara keseluruhan masih kurang maksimal.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Senjaya, “PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 186-191, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Bintarawati, D., and Yudin Citriadin. (2020). Implementasi Kelas Virtual Dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia di SMA Negeri Bekasi. SPIN, 2, 177-190, DOI: 10.20414/spin.v2i2.2573

Budiningsih, Asri. (2015). Teori Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Burac, M.A.P., J M Fernandez, M M A Cruz, and J Dela Cruz. (2019). Assesing The Impact of E-learning System of Higher Education Institution’s Instructors and Students. IOP Conference Series: Material Science and Engineering, vol. 482, 1-8, diakses dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/17 57- 899X/482/1/012009)

Gunawan, Sunarman. (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340-348, diakses dari http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2334/1296)

Hadi, Sutrisno. (1991). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamni, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Hanum, N.S., (2013). Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi 3, no.1, 90-102, https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hudaa, S, Bahtiar, A, Nuryani. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2).

Khan, B. (2005). Managing e-learning: Design, Delivery, Implementation, and Evaluation. London: Idea Group.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Prawitasari, M., Sriwati, Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173-177.

Pusat Data Informasi dan Teknologi. (2020). Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Kemdikbud. Diakses dari https://belajar.kemdikbud.go.id/bdr/assets/file/Panduan%20Model%20Pembelajaran%20Inovatif.pdf.

Putri, Wulandari. (2021). E-Learning Pedagogical Challenges of EFL Teachers During Covid-19 Pandemic. Jurnal Educational Technology 20, no.1, diakses dari https://doi.org/10.17509/e.v20i1.30993

Setiawan, D., and Noordin Asnawi, H. A. M. (2017). Evaluation of Style-Teaching Lecturers Informatics Engineering Study Program Unipma in Trend Education Based on Technology, Icons: 1168–1173, http://icons.upy.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/Dimas-Setiawan-Noordin-A-Hani-Atun-M.pdf

Nalim, Yusuf and Salafudin Turmudi. (2012). Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Sani, Ridwan Abdulah. (2013). Inovasi Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, M., Kartanagara, AR., Chuan, LS., (2021). Pengaruh Penerapan Asinkronus Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kependidikan, 5(1), 74-84.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.