TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: STRATEGI DAN ADAPTASI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Article Content

Lukman Hakim

Abstract

Saat ini kemajuan industri secara tidak langsung telah menuntut masyarakat untuk bisa menghadapi segala tantangan yang ada pada saat ini khususnya pada dunia pendidikan. Pada era revolusi industri 4.0 lembaga pendidikan dituntut tangguh dalam melawati tantangan dan perubahan yang muncul di dalam kehidupan masyarakat untuk mengantisipasi dampak negatif dari kemajuan transformasi yang begitu cepat. Era revolusi 4.0 ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat terobosan yang luar biasa untuk masyarakat. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang telah terjadi mengakibatkan sebagian orang mengambil kesempatan dan mampu memanfaatkannya dengan baik. Bagi sebagian orang yang mampu mengembangan ilmu pengetahuan dan melahirkan gagasan baru dan gagasan ini muncul untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam berbagai bidang termasuk juga dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode library research atau studi kepustakaan yaitu mengkaji sumber data dengan rujukan buku-buku atau artikel, jurnal penelitian sebelumnya, dan tulisan ilmiah lainnya yang berkaitan dengan tema transformasi pendidikan agama islam: strategi dan adaptasi di revolusi industri 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan agama islam diharapkan mampu menggali kembali kapabilitas dalam mengenali segala potensi yang dimiliki, lalu membekalinya dengan keterampilan yang mudah dipahami sehingga mampu berinteraksi dengan era revolusi industri 4.0 dan juga bisa ikut andil dalam menggapai idealisme pada sasaran yang hendak dicapai.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Hakim, “TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: STRATEGI DAN ADAPTASI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 760-766, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Achmad, W. (2021). Citizen and Netizen Society: The Meaning of Social Change From a Technology Point of View. Jurnal Mantik, 5(3), 1564-1570.
Alhamuddin, A., Murniati, A., Surbiyantoro, E., & Mulyani, D. (2021). Developing Core Competencies for Islamic Higher Education in Indonesia in the Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 136-152.
Ali, K. M. U. (2016). Integritas Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Tadrib, 2(1), 27-40.
Amirudin, N. (2019). STRENGTHENING THE EXISTENCE OF ISLAMIC RELIGION EDUCATION IN THE INDUSTRIAL REVOLUTION ERA 4.0 (Study of PAI FAI Curriculum Review of Muhammadiyah Gresik University). TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 20(1), 57-72.
Amri, M., Saharuddin, S., & Ahmad, L. O. I. (2019). The Implementation of Islamic Education: The Process of Instilling Akhlakul Karimah (Noble Characters) for Madrasah Tsanawiyah Students. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 117-125.
Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti, W. (2018). The effectiveness of islamic religious education in the universities: The effects on the students' characters in the era of industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 77-87.
Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111-121.
Ekasari, S., Manullang, S. O., Syakhrani, A. W., & Amin, H. (2021). Understanding Islamic Education Management in Digital Era: What Experts Say. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 127-143.
Fajrussalam, H., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Gaining Education Character Based on Cultural Sundanese Values: The Innovation of Islamic Education Curriculum in Facing Era Society 5.0. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 104-119.
Haqiqi, A. K., & Albar, W. F. (2019, March). Islamic Character in Science Learning for Madrasah Ibtidaiyah Students in the 4.0 Industrial Revolution Era. In International Conference of Science and Engineering (Vol. 2, pp. 237-240).
Hidayati, D., & Rifa’i, A. A. (2020). Factors Influencing Parents’ Decisions on Choosing an Islamic Primary School in Bandung Indonesia. Randwick International of Social Science Journal, 1(1), 121-126.
Huriyah, L., Nabillah, S., & Rahmawati, S. N. (2020). THE NEED FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN SIDOARJO DISTRICT AREAS. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 360-374.
Ihsan, F. M., Permana, P. Y. E., Arifin, N. R., & Muhtadi, R. (2020). Islamic Boarding Schools Toward the Industrial Revolution 4.0; Opportunities and Challenges. FIKROTUNA, 11(01).
Jailani, M. R. M., & Miskam, N. A. A. (2020). The roles of Islamic university in the Fourth Industrial Revolution Era (4th IR). ‘Abqari Journal, 23(2), 57-76.
Jakaria, Y. (2020). Integrasi Nilai Religius Dengan Kepemimpinan Adaptif (Pada Pelatihan Kepemimpinan Ditinjau Dalam Perspektif Islam): Strategi Aparatur Sipil Negara Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 [Integration of Religious Values with Adaptive Leadership (In Leadership Training Reviewed in Islamic Perspectives): Strategies of State Civil Apparatuses in Facing the Industrial Revolution Era 4.0]. Jurnal Inspirasi, 11(1), 46-58.
Mardiana, D., & Anggraini, D. C. (2019). The effectiveness of utilising web-learning media towards islamic education learning (PAI) outcome in the era of industrial revolution 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(1), 80-96.
Morris, A. E. J. (2013). History of urban form before the industrial revolution. Routledge.
Mukri, M., & Anwar, S. (2019, February). Quran-integrated science in the era of industrial revolution 4.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.
Mun'im Amaly, A., Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88-104.
Murwantono, D., & Nuridin, M. (2019, August). Islamic Academic Culture (Budai) as a Model of Sustaining Religious Education in a Global Era at Sultan Agung Islamic University Semarang, Indonesia. In INCOLWIS 2019: Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia (p. 115). European Alliance for Innovation.
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187-197.
Putra, P., Mizani, H., Basir, A., Muflihin, A., & Aslan, A. (2020). The Relevancy on Education Release Revolution 4.0 in Islamic Basic Education Perspective in Indonesia (An Analysis Study of Paulo Freire's Thought). Test Engineering & Management, 83, 10256-10263.
Ramdani, D., Hidayat, D. N., Sumarna, A., & Santika, I. (2020). Ideal Character of Muslim Generation of Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 171-182.
Rianie, N. (2015). Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam (sebuah perbandingan dalam konsep teori pendidikan Islam dan barat). Management of Education, 1(2).
Setiawan, A. (2019). Conceptual of Blended Learning as Islamic Education Study Program Learning Reform Action in Digital Era 4.0. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 119-129.
Sholeh, F. (2021). Leadership Behaviour Models of Kiai Islamic Boarding Schools in the 4.0 Industrial Revolution Era. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 12(2), 123-133.
Sidiq, R. S. S., Jalil, A., & Achmad, R. W. W. (2021). Virtual World Solidarity: How Social Solidarity is Built on the Crowdfunding Platform Kitabisa. com. Webology, 18(1), 192-202.
Taufik, M. (2020). Strategic Role of Islamic Religious Education in Strengthening Character Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 20(1), 86-104.