PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TENTANG ETIKA BERGAUL PADA SMP

Main Article Content

Etsu kri lasa Indri Astuti Aloysius Mering

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan produk video animasi layanan bimbingan kelompok tentang etika bergaul untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan model desain pengembangan ADDIE dengan tahap pengembangan (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX SMP Negeri 19 Pontianak dengan jumlah responden 31 orang siswa. Produk yang dikembangkan sudah di validasi secara materi, desain dan media oleh 5 orang validator ahli di bidangnya. Hasil validasi materi secara keseluruhan memperoleh hasil “sangat baik”, validasi desain memperoleh hasil “sangat baik” dan validasi media juga memperoleh hasil “sangat baik”. Hasil pengujian di lapangan melalui uji satu-satu, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar secara keseluruhan memperoleh hasil “sangat baik”. Hasil uji efektivitas yang dilakukan memperoleh rata-rata penilaian sikap siswa dari penilaian antar teman sebelum menggunakan produk sebesar 85,9 sedangkan hasil pengukuran rata-rata penilaian sikap siswa dari penilaian antar teman sesudah menggunakan produk sebesar 87,4. Dan berdasarkan hasil perhitungan ttabel 31 responden sample paired t-tes diperoleh ttabel = 1,695 sedangkan thitung = 1,727. Yang artinya thitung lebih besar dari ttabel dengan tingkat signifikansi yaitu perubahan yang sedang > 0,05 ada perubahan sebelum dan sesudah menggunakan sebuah produk. Melalui hasil perhitungan tersebut peneliti juga mengukur tingkat efektivitas produk dengan melakukan pengujian effect size dengan hasil data pengukuran dari uji paired sample t-test. Diperoleh hasil uji effect size 0,31 dengan kriteria interpretasi nilai cohen’d berada pada kategori sedang. Sehingga disimpulkan pengembangan produk video animasi layanan bimbingan kelompok efektiv terhadap sikap etika bergaul siswa. Sehingga disimpulkan pengembangan produk video animasi layanan bimbingan kelompok tentang etika bergaul pada sekolah menengah pertama signifikan memberikan perubahan meskipun dengan tingkat yang sedang, jadi efektiv terhadap sikap etika bergaul siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
E. lasa, I. Astuti, and A. Mering, “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TENTANG ETIKA BERGAUL PADA SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 172-178, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Tohirin. (2011). Metode Penelitian Kualtatif Dalam Bimbingan Dan Konseling.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Darmansyah. (2014). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor.
Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.