IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19: PROSES PEMBELAJARAN DAN HAMBATAN

Main Article Content

Silmi Kapatan Inda Robby Dina Abdilah Aiman Faiz

Abstract

Masa pendemi Covid-19 merupakan tantangan untuk dunia termasuk negara Indonesia. Banyak aspek-aspek kehidupan yang terkena dampak karena adanya pandemiCovid-19 tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Kondisi pergantian pola pembelajaran dari tradisional menuju online secara masif akan memengaruhi keadaan psikologis anak. Keadaan tersebut juga akan berakibat pada pendidikan karakter peserta didik. Karakter adalah gambaran deskripsi visual manusia secara utuh yang membuat unik dari manusia lain. Dapat diartikan bahwa karakter ialah bentuk dari keseluruhan pikiran, perasaan dan perilaku yang dimiliki oleh manusia. Keseimbangan antara ketiga komponen tersebut hendaknya menghasilkan suatu bentuk karakter yang ideal. Sehingga pemerintah perlu melakukan bermacam-macam kebijakan untuk menerapkan pendidikan karakter saat musim pandemiCovid-19. Tujuan dalam kajian ini ialah untuk mendiskripsikanproses pembelajaran, hambatan yang dialamidan implementasi karakter di musim pandemiCovid-19. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah kajian pustaka. Hasil penelitian menjelaskan ide-pengembangan karakter sesuai nilai-nilai karakter Founding Fathers Indonesia (FFI), proses pembelajaran, hambatan yang dilalui, implementasi pembelajaran online bermuatan pendidikan karakter dalam kondisi Covid-19.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Robby, D. Abdilah, and A. Faiz, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19: PROSES PEMBELAJARAN DAN HAMBATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 234-239, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Ariyanto R.D., Santy, Guruh. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Kontribusi. Prosiding Seminar Nasional FIP 2020 ISBN 978-602-50898-7-9. 128-135.
Ariyanto R.D., Andi, Moh. Itadji. 2016. Identifikasi Karakter Ideal Konseli Menurut Teks Kepribadian Founding Fathers Indonesia: Kajian Dalam Perspektif Fromm. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Tahun 2016 ISSN: 2527-6891. 174-182.
Asikin, Ikin. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7, No. 1, pp. 434-444.
Faiz, A. (2019). Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Aiman Faiz karena kualitas karakter menentukan. PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5(20). https://doi.org/htps://doi.org/10.32534/jps.v5i2.741
Faiz, A. (2021). PERAN FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CALON PENDIDIK DI ABAD-21. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 131–135.
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, Volume 5(4), 1766–1777. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014
Nur’aeni, Rahayu, F. S., & Faiz, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa di Kelas V SD Negeri 1 Trusmi Wetan. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5, 30–37.
Song, L., Singleton, E.S., Hill, J.R., & Koh, M. H. (2004). Improving Online Learning: Student Perceptions Of Useful And Challenging Characteristics. The Internet and Higher Education, 7,59-70. Doi:10.1016/j.Iheduc.2003.11.003.