PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNINGBERBANTUKAN FLASH CARD MATERI AKSARA JAWA PADA SISWA SD

Main Article Content

Endang Sri Maruti Efa Dwi Anggraini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran quantum learning berbantukan flash card pada materi Aksara Jawa Kelas V SDN 03 Ngadiboyo. Model pembelajaran quantum learning merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa dengan menggunakan strategi TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kulatitatif. Dimana dalam penelitian tersebut peneliti mendeskripsikan proses penerapan, kelebihan dan kekurangan, serta respon siswa terhadap penerapan model dan media tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning berbantukan flash card pada materi Aksara Jawa Kelas V SDN 03 Ngadiboyo sangat baik untuk diterapkan. Hal itu terlihat dari proses pembelajaran yang sesuai langkah-langkah TANDUR, terdapat kelebihan dan kekurangan pada saat pembelajaran berlangsung serta rekapitulasi hasil pengisian angket respon siswa menunjukkan rata-rata akhir dimana siswa menyukai pembelajaran ini mendapatkan persentase 89,5% dan yang tidak menyukai 10,5%.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Maruti and E. Anggraini, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNINGBERBANTUKAN FLASH CARD MATERI AKSARA JAWA PADA SISWA SD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 213-216, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Asrul, A., Ananda, R., & Rosnita, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran.
Aulia, K. (2021). Pengembangan Media Flashcard pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII MTs Guppi Samata. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Cohn, A. C., & Ravindranath, M. (2014). Local languges in Indonesia: Language maintenance or language shift? Linguistik Indonesia, 32(2), 131–148. http://www.mlindonesia.org/images/files/Agustus 2014.pdf#page=33
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The Sage handbook of qualitative research. sage.
Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media.
Fatmawati, D. A., & Chumdari, J. D. (2018). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktika Dwija Indria, 6(7).
Hadianti, F., Hartati, Y. S., & Sukawati, S. (2019). PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(5), 849–856.
Hertiki, H. (2017). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(budaya literasi dalam pembelajaran bahasa), 12–16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226
Huberman, A. M., & Miles, M. B. (1994). Data management and analysis methods.
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Nurhasanah, N., Wurianto, A. B., & Arifin, B. (2016). Pengembangan media kijank (komik indonesia, jawa, dan aksara jawa) pembelajaran bahasa jawa kelas 5 sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 267–273.
Sri Maruti, E. (2019). Implementation of the Student Facilitator and Explaining Model in Learning Skills of Reading Skills in SD. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i1.84
Titik Haryat, Oktaviani Adhi Suciptaningsih, S. W. (2017). PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (SNHP)-VII LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PGRI SEMARANG SEMARANG,26 OKTOBER 2017.
Wibowo, B. A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Quantum Teaching. BASIC EDUCATION, 7(17), 1–673.