PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBENTUK TESLET UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN GENERIK SAINS MAHASISWA

Main Article Content

Mar’attus Solihah Mohammad Agus Prayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian berbentuk teslet untuk mengukur keterampilan generik sains (KGS) mahasiswa. Pengembangan dilakukan mengikuti model four-D Thiagarajan dengan langkah pengembangan define, desain, develop dan diseminasi. Berdasarkan hasil analisis pustaka diputuskan untuk mengembangkan instrumen KGS berbentuk soal pilihan ganda yang dikemas dalam butir teslet. Analisis indikator KGS dan kompetensi mata kuliah kimia dasar menghasilkan kesimpulan untuk mengembangkan instrumen berdasar pada empat indikator KGS yakni keterampilan kesadaran akan skala, bahasa simbolik, konsistensi logis, dan pemodelan. Pembuatan produk awal instrumen menghasilkan 15 butir teslet dimana tipa-tiap teslet terdiri dari 3 butir soal pilihan ganda. Produk awal kemudian divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan 3 orang reviewer dosen kimia/pendidikan kimia. Validasi oleh ahli media dan ahli materi dilakukan secara berkesinambungan hingga menghasilkan instrumen yang layak untuk dilanjutkan pada proses uji coba. Ada 3 kemungkinan keputusan butir teslet yang diambil yakni valid tanpa revisi, valid dengan revisi, dan tidak valid. Butir yang dinyatakan valid dengan revisi diperbaiki hingga dinyatakan layak dipakai tanpa revisi oleh validator. Review oleh reviewer berupa angket terbuka untuk masing-masing butir teslet dan butir soal baik dari aspek konstruksi, materi, maupun bahasa. Hasil validasi baik oleh validator ahli maupun oleh reviewer dipakai untuk memperbaiki instrumen secara terus menerus hingga instrumen dinyatakan valid dan layak dilanjutkan ke tahapan pengembangan yang selanjutnya. Hasil evaluasi oleh ahli dan reviewer menghasilkan instrumen KGS berbentuk teslet pilihan ganda berjumlah 15 butir.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Solihah and M. Prayitno, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBENTUK TESLET UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN GENERIK SAINS MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 195-200, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Andrian, Y. & Rusman. 2019. Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 12(1): 14-23.
Annisa, N.H. & Sudarmin. 2016. Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 10(1): 1692-1701
Brotosiswojo, B. S. 2001. Hakekat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Jakarta: PAU-PPAI
Greenstein, L. (2012). Assesing 21st Century Skill. A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: SAGE Company
Haviz, M. dkk. 2018. Revisiting Generic Science Skills as 21st Century Skills on Biology Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 7 (3) (2018) 355-363.
Kamaliya, D. H., Fibonacci, Anita & Azizati, Zidni. 2020. Development of Sciences Generic Skills Assessment (SGSA) Instrument: Basic Chemistry Practicum. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Vol. 3(1), pp. 31-40, 2020
Liliasari. 2007. Scientific Concept and Generic Skill Relationship in The 21st Century Scence Education . Makalah pada 1st International Seminar of Science Education.
Menakertrans, 2009, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep.57/MEN/III/2009 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Wisata.
Miller, L. C., & Northern, T. 2011. 21st Century skills: prepare student for the future. Kappa Delta Pi Record.
OECD (2021), Science performance (PISA) (indicator). doi: 10.1787/91952204-en (Accessed on 29 July 2021)
Ratna, I.S. Yamtinah, S., Ashadi, Masykuri, M., & Shidiq, A.S. 2017. The Implementation of Testlet Assesment Instrument in Solubility and Solubility Product Material for Measuring Students’ Generic Science Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 158. 958-963.
Rosidah, T., Astuti, A.P., & Wulandari, A. 2017. Eksplorasi Keterampilan Generik Sains Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 9 Semarang, Jurnal Pendidikan Sains. 5(2): 130-137.
Rohaeti, Eli., Utami, Prapti. 2019. Students' Generic Science Skills in Chemistry Learning Using Inquiry-Based Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 317 p 234-238.
Shiell, R. C., & Slepkov, A. D. 2015. Integrated Testlets: A New Form of ExpertStudent Collaborative Testing. Collected Essays on Learning and Teaching, 8(2), 201–210.
Sudarmin. 2012. Keterampilan Generik Sains. Semarang: Unnes Press.
Sulistiwati, E. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT. Aji Citra Parama.
Thiagarajan, Sivasailam. 1974. Instructional development for training teachers of exceptional children. Indiana University Bloomington: Center for innovation in Teaching the Handicapped.
UNDP. 2020. Human Development Report 2020, The Next Frontier: Human Development and the Anthropocene. IDN.pdf (undp.org). (Accessed on 29 July 2021)
Widhiarso, W. & Suhapti, R. 2018. Penggunaan Testlet dalam Pengembangan Tes Psikologi. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental. 3(1): 44-61.
Zulaiha, R. (2010). Analisis Soal Secara Manual. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.