HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN KEMANDIRIAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN)

Main Article Content

Mei Adelina Harahap Yuni Arta Batubara Febrina Angraini Simamora

Abstract

Anak usia toddler sangatlah penting karena anak akan belajar memahami pilihan perilaku beserta resiko yang harus dipertanggung jawabkan oleh anak. Oleh karena itu anak harus belajar untuk menggunakan toilet training, sebab salah satu tanda penting dalam kehidupan awal adalah perpindahan dari diapers kepengguna toilet. Tujuan  penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan karakteristik dan pengetahuan ibu dengan kemandirian toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun). Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi. populasi dalam penelitian ini seluruh orang tua yang memiliki anak usia toddler (1-3 tahun)  berjumlah 107 orang. Dengan menggunakan Teknik sampling simple random sampling dengan jumlah sampel 52 orang. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan Uji Chi-Square diperoleh p=0.000 (p < 0,05), dapat disimpulkan bahwa ada hubungan karakteristik dan pengetahuan ibu dengan kemandirian toilet training pada anak usia toodler 1-3 tahun. Disarankan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuam toilet training pada anak 1-3 tahun, dapat mengetahui dan memberikan penanganan untuk menghindari terjadinya ngompol dicelana pada anak.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Harahap, Y. Batubara, and F. Simamora, “HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN KEMANDIRIAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 767-772, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, 2016. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek edisi 5. Jakarta :Rineka Cipta
Alimul, 2015. Kebutuhan Dasar Manusia Aplikasi Konsep danProses Perawatan. Jakarta : Salemba Medika
Devianti, 2013. Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak Usia 1-6 tahun. Yogyakarta: Araska.
Genis.2016 Pengertian Umur. Diperoleh tanggal 15 Maret 2017, dari http://genis.wordpress.com
Habib, 2016 Toilet Training. Diperoleh tanggal 15 Maret 2017, dari http://www.toilettraining.com
Hidayat, 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Hidayat. 2016 Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
Lutviyah, 2017.Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Lestari, T. 2015. Kumpulan teori untuk kajian pustaka penelitian kesehatan. Yogyakarta : Nuha medika.
Lestari. 2016 Kajian Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian. Yogyakarta: Nuha Medika
Margono, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Muda, 2015. Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nursalam, 2013. Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam, 2016 Asuahan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk perawat dan bidan). Jakarta: Salemba Medika
Notoatmodjo, 2014. Metodologi Peneli_an Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, 2016 Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursila, 2017. MalesGerak. R(Parc & Moon, Korean Dramas and Films: Key Factor for their International Competitiveness, 2013)etrieved from Males Gerak
Nuryanti, 2010. Indikator Titrasi Asam-Basa Dari Ekstrak Bunga Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L). Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Gadjah Mada.
Pusparini. 2016 Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Perilaku Ibu Dalam Melatih Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Desa Kdokan Sukoharjo. Karya Tilis Ilmiah Strata Satu, Univesitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta.
Syahid, L. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen. Semarang. Di akses pada tanggal 03 April 2018
Septiari, B.B. 2017. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Nuha Medika. Yogyakarta
Soetjiningsing, 2010. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta:SagungSeto.
Sekartini, 2010. Gangguan Tidur Pada Anak Usia Bawah Tiga TahunDi Lima Kota di Indonesia. Jurnal Sari Pediatri, Vol. 7, No. 4, Maret2006: 188-193.
Suryabudhi, 2011 Ide-Ide Mendidik Anak Tentang Toilet Training. Jogjakarta: Katahati
Umami. 2017 Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Puspasari Sidomoyo Godean Sleman D.I Yogyakarta. Skripsi tidak dipublikasikan. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Wiwik Utamy, 2011. Analisis Determinan Audit Delay Kajian Empiris Di Bursa Efek Jakarta. Bulletin Penelitian No. 9 .
Warlenda dan Sari, 2016. Tiga Faktor Dominan Penyebab Kegagalan Toilet training pada Anak usia 4-6 Tahun. Jurnal Ners dan Kebidanan Vol. 2 No. 2.
Wulandari, 2011.Analisis Faktor-Faktor yang berhubungan Toilet Training pada Anak Prasekolah. jkp.fkep.unpad.ac.id/index.php/jkp/article/view/84. (diakses 5 Januari 2017).