IDENTIFIKASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI ASISTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN

Main Article Content

Rendy Roos Handoyo

Abstract

Teknologi asistif dibutuhkan anak hambatan penglihatan untuk mengakses pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Penggunaan teknologi asistif tetap memperhatikan prinsip pembelajaran dan kebutuhan belajar sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Realitanya, belum diketahui pemetaan tipe teknologi asistif yang sudah digunakan, factor pendukung dan kendala yang dialami guru. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi pemanfaatan teknologi asistif yang dapat mengakomodasi anak hambatan penglihatan dalam pembelajaran daring. Metode penelitian menggunakan survei. Teknik pengumpulan data melalui angket terbuka secara daring dan wawancara mendalam dengan jumlah subjek 80 guru SLB di Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan pertanyaan tentang tipe teknologi asistif, faktor pendukung ketersediaan dan hambatan dalam pemanfaatan.  Analisis data menggunakan statistic deskriptif kuantitatif dengan presentase untuk angket dan kualitatif dari data wawancara, disajikan dalam bentuk grafik yang dimaknai secara naratif. Hasilnya, pemanfaatan tipe low technology 82, 4%, middle technology 12,5% dan high technology 5,1%. Pendukung terbanyak dalam penyediaan teknologi asistif yaitu pemerintah sebesar 68,43%, sedangkan 18,2% dari sekolah dan 13,37% oleh keluarga. Hambatan terjadi karena alasan terbatasnya anggaran sekolah sebanyak 47,85% dan mahalnya harga alat yang akomodatif sebesar 18,94%. Data kualitatif mengungkap kebutuhan guru agar dapat merancang teknologi asistif sederhana dengan harga terjangkau namun tetap fungsional dan kontekstual.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Handoyo, “IDENTIFIKASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI ASISTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 89-94, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Akpan, J. P., & Beard, L. A. (2013). Overview of Assistive Technology Possibilities for Teachers to Enhance Academic Outcomes of All Students. Universal Journal of Educational Research, 113-118.
Bryant, D. P. (2012). Assistive Technology for People with Disabilities. USA: Pearson.
Chukwuemeka, E. J., & Samaila, D. (2020). Teachers’ Perception and Factors Limiting the use of High-Tech Assistive Technology in Special Education Schools in North-West Nigeria. Contemporary Educational Technology, 99-109.
Cohen, M. E. (2011). School, Family and Other Influences on Assistive Technology Use. The British Journal of Visual Impairment, 130-144.
Gargiulo, R. (2006). Special Education in Contemporary Society. USA: McMillan.
Gargiulo, R. M. (2012). Special Education in Contemporary Society 4th Edition. USA: SAGE.
Hadi, P. (2005). Komunikasi Aktif Bagi Tunanetra. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hermanto, & Supena, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar. BASICEDU: Research and Learning in Elementary Education, 188-194.
Hong, M. E., & Cohen, L. (2011). School, Family And Other Influences On Assistive Technology Use Access And Challenges For Students With Visual Impairment In Singapura. The British Journal of Visual Impairment, 130-144.
Johnson, M. A. (2008). Assistive Technology for Visually Impaired and Blind People. London: Springer.
Kauffman, D. H. (2009). Excetional Learner 11th Edition. Virginia: Pearson.
Kelly, S. M. (2009). Use of Assistive Technology by Student With Visual Impairmnet: Findings Form National Survey. Journal of Visual Impairment and Blindness, 470-480.
Kelly, S. M. (2011). The Use of Assistive Technology by High School Students with visual impairment: a second Look at the Current Problem. Journal of Visual Impairment and Blindness, 235-239.
Kelly, S. M. (2011). The Use of Assistive Technology by High School Students with Visual Impairments: A Second Look at the Current Problem. journal of Visual Impairment & Blindness, 235-239.
Kurniawan, R. M. (2013). Assistive Technology for Blindness and Low Vision. London: CRC Press.
Nisbet, P. d. (2020). Assistive Technologies to Access Print Resources for Students with Visual Impairment: Implications for Accomodations in High Stakes Assessments. British Journal of Visual Impairment, 222-247.
Ogirima, O. A., Emilia, O. O., & Juliana, O. B. (2017). Teachers’ Attitude And Competence In The Use Of Assistive Technologies In Special Needs Schools. Acta Didactica Napocensia, 1-32.
Organization, W. H. (2016). Global Cooperation on Assistive Technology (GATE). Jenewa: WHO.
Pawluk, D. T., Adams, R. J., & Kitada, R. (2015). Designing Haptic Assistive Technology for Individuals Who Are Blind or Visually Impaired. IEEE Transactions on Haptics, 258 - 279.
Putri, S. N., & Taufan, J. (2021). Permasalahan Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JUPEHKU: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 41-45.
Rahmawati, E. (2021). Problematika Pembelajaran Pai Secara Daring Bagi Anak Tunanetra (Studi Kasus Di Smplb-A Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta Gebang Putih Surabaya). Surabaya: UIN Sunan Ampel .
Sabella, S. (Assistive Technology Recent developments and advancements for individuals with disabilities). Scott Sabella. Colorado: University of Bufallo.
Scherer, S. F. (2012). Assistive Technology Assessment Handbook. London: CRC Press.
Senjam, S. S. (2019). Assistive Technology for People with Visual Loss. Delhi Journal of Ophtalmology, 7-12.
Senjam, S. S., Foster, A., Bascaran, C., Vashist, P., & Gupta, V. (2019). Assistive Technology for Students with Visual Disability in Schools for the Blind in Delhi. Disability and Rehabilitation: Assistive Technology, 1-8.
Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sunanto, J. (2005). Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pendidikan Tinggi.
Sze, S. (2009). The Effects Of Assistive Technology The Effects Of Assistive Technology. Journal Educational Technology Systems, 419-429.
Zhou, L., Ajuwon, P. M., Smith, D. W., Griffin-Shirley, N., Parker, A. T., & Okungu, P. (2012). Assistive Technology Competencies for Teachers of Students with Visual Impairments: A National Study. Journal of Visual Impairment & Blindness, 656-665.
Zhou, L., Parker, A. T., Smith, D. W., & Griffin-Shirley, N. (2011). Assistive Technology for Students with Visual Impairments: Challenges and Needs in Teachers Preparation Programs and Practice. Journal of Visual Impairment & Blindness, 197-211.