KONSEP IBLIS DALAM AL QUR’AN (STUDI ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER IBLIS PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI)

Main Article Content

Cato .

Abstract

Sejarah proses pendidikan di bumi sudah terjadi sejak lama bahkan sebelum bangsa manusia dilahirkan, yakni sejak bangsa Jin. Mereka berinteraksi satu sama lain, bersosial, menjalin ikatan pernikahan, mengedapankan semangat gotong royong, hidup rukun, damai dan sejahtera serta berkemajuan. Namun sebagian besar dari mereka banyak yang melalaikan tuntunan nilai-nilai pendidikan yang diajarkan oleh Allah Swt. Atas tindakan semena-mena yang dilakukan oleh mereka, maka Allah Swt mengutus Iblis beserta pasukannya untuk menghentikan aksi - aksi brutal mereka. Sehingga binasalah mereka yang menandakan berakhirnya kehidupan bangsa Jin di muka Bumi. Penulis tidak mengajak untuk memiliki karakter Iblis, namun bagaimana agar nilai-nilai pendidikan Iblis diaktualisasikan dalam kehidupan, khususnya demi kemajuan dunia pendidikan. Nilai-nilai kebaikan yang pernah dilakukan oleh bangsa Jin sangat banyak. Penulis berharap agar para pembaca meneladani nilai-nilai pendidikan tersebut diantaranya takut kepada Allah, jujur, pemberani dan menyukai tantangan, berpikir kritis, mandiri dan menyukai kebebasan, mengedepankan logika daripada perasaan, setia pada ucapan, tidak mudah putus asa, cinta keluarga.

Article Details

How to Cite
[1]
C. ., “KONSEP IBLIS DALAM AL QUR’AN (STUDI ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER IBLIS PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 273-278, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Al-Hadiid, S. (2011). TAUSIYYAH USTAD SURYA PADA PERINGATAN 1 MUHARRAM 1431 H. Http://Ustadsuryaalhadiid.Blogspot.Com/2011/01/.
As Hakim. (2017). TAFSIR Hasiyah As-Showi ‘ala Tafsir Al Jalalain Karya: AL-IMAM AHMAD BIN MUHAMMAD ASH-SHOWI.
Faiz, A. (2019). Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah. PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5(20). https://doi.org/htps://doi.org/10.32534/jps.v5i2.741
Faiz, A. (2021). PERAN FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CALON PENDIDIK DI ABAD-21. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 131–135.
Hamzah Dal Alif Assayyaf. (2015). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NEGERI GUBUKRUBUH PLAYEN GUNUNGKIDUL 2014/2015. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Muhammad Mutawalli. (2017). Sejarah Iblis, Makhluk yang Sempat Menjadi PrimadonaTitle. Kmamesir.Org.
Suprihatin, S. (2017). Analisis Deskriptif Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembatalan Perkawinan di Pengadilan Agama Bekasi. MASLAHAH (Jurnal Hukum Islam Dan Perbankan Syariah), 8(2), 75-100.