HAL -HAL YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS MIPA DI KAMPUS IPTS

Main Article Content

Nenni Faridah Lubis Emmi Juwita Siregar Seri Irawati Batubara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana gambaran kurangnya minat calon mahasiswa di program studi pendidikan kimia fakultas di perguruan tinggi swasta Institut pendidikan tapanuli selatan.Dimana penelitian ini berupa jenis deskriptif.Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu ssemua mahasiswa pendidikan kimia tahun 2017, 2018, 2019, 2020 yang berjumlah 35 mahasiswa.Sampel yang digunakan total sampling berjumlah 35 orang. Dimana hasil analisis data membuktikan adanya faktor-faktor yang dimiliki oleh prodi pendidikan kimia tapanuli rata-rata selatan sangat baik pada  persentase 14,64 dan dengan indikator edch kategori tergolong sangat baik yaituindikator biaya pendidik rata-rata 1,17, citra program studi rata-rata 2,19,dengan fasilitas pendidikan pada hasil nilai rata-rata  sebesar 2,30, untuk hal prospek program studi pada hasil nilai rata-rata 2,20 serta  minat dengan hasil nilai rata-rata6,25 sejalan melalui hasil yang diperoleh itu mahasiswa pendidikan kimia meningkat minatnya di perguruan tinggi swasta Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS).

Article Details

How to Cite
[1]
N. Lubis, E. Siregar, and S. Batubara, “HAL -HAL YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS MIPA DI KAMPUS IPTS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 451-456, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Azizah, Nur. 2018. Faktor- faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih program studi administrasi warman di kota samarida. Jurnal Administrasi Bisains. Vol:6. Hal 1358-1372.
Nurianda. 2018. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bagunan Jurusan Teknik Sipil FP–UNP Terhadap Propesi Guru. Volume 5.No 2.Hal 2235-2241
Novriato, Bagus, Wijayangka, Candra, Kartawinta.2018. pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha program studi administrasi, bisnis universitas telkom.vol 1.Hal 73-79.
Supradi, Deda 2006. Satuan biaya pendidikan dasar dan menengah: rujukan bagi penetapan kebijakan pembiayaan pendidikan pada era otonomi dan manajemen berbasis sekolah. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Suwandaru, Rachman 2017.Analisis Faktor- Faktor Mahasiswa dalam Memilih Unit Kegiatan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Makasar.Volume 9.
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Bondan Krena. 2010. Cara Cerdas pilih jurusan Demi Profesi Impian.
Yogyakarta: Jogja Great Publisher