PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PTK PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN)

Main Article Content

Ahmad Saepudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenguji efektifitas Penerapan Model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi pertumbuhan dan perkembangansecara daringdi SMA Negeri 4 Cirebon.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas daninstrument yang digunakan berupa tesuntuk meningkatkan hasil belajar siswadan format pengamatan baik untuk siswak maupun guru.Saat pelaksanaan pembelajaran setiap pertemuannya diberikan tes sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakanyang digunakan untuk data kuantitatif, sedangkandata kualitatif diambil oleh pengamat dengan menggunakan format observasi.Adapun hasilpenelitiannya yaituPenerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pada metode ceramah biasa. Hal ini terlihat dari nilai Rata-rata kelas pada tes penilaian harianprasiklus70,88. siklus I 75,7. siklus II 80. siklus III85.dan persentase ketuntasan belajar siswa secara peroranagan pada tes harianprasiklustuntas 55,88%. siklus I tuntas76%. kedua II 85,3%.dan III tuntas 97,1%.Penerapan model project based learningjuga meningkatkan aktivitas belajar siswa. Ini terlihat dari hasil persentase observasi siswa pada pembelajaran prasiklus 57% dengan predikat cukup, siklus I70% dengan predikat baik, siklus II86% dengan predikat sangat baik dansiklus III 96% dengan predikat sangat baik.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Saepudin, “PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PTK PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 257-262, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012).Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Gava Media.
Fathurrohman, M. (2016).Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 157-162.
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional.Bandung : PT Rosda Karya.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385-395.
Rizqi, M., Suyitno, H., & Dwijanto, D. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTS ISLAMIC CENTER CIREBON. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 300-305.
Rizqi, M., Suyitno, H., & Dwijanto, D. (2021). Students' Mathematical Creative Thinking Ability in terms of Learning Styles and Gender in Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 24-34.
Saefudin, A & Berdiati, I. (2014).Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Yulianawati, D. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 3(2), 43-47.