PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 4 CIREBON (Studi PTK Pada Pelajaran Ekonomi tahun ajaran 2021/2022)

Main Article Content

Sukardi .

Abstract

Keberadaan wabah COVID-19 yang melanda di sebagian besar penduduk dunia, termasuk di dalamnya rakyat Indonesia, meniscayakan pembelajaran daring (dalam jaringan) menjadi alternatif pengganti dari pembelajaran tatap muka yang selama ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai bagaimana pengaruh implementasi E-Learning berbasis aplikasi whatsapp dan Google Classroom terhadap efektivitas dan efisiensi belajar peserta pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif, untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi dari beberapa teknik diantaranya wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah dari pendidik, peserta didik dan orangtua/walimurid kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Cirebon. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduksi (Reduction Data), penyajian data (Display), dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian mulai dari kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan aplikasi Whatsapp dan Google Clasroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi permintaan dan penawaran di kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Cirebon Tahun Pelajaran 2020/2021.

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 4 CIREBON (Studi PTK Pada Pelajaran Ekonomi tahun ajaran 2021/2022)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 254-256, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Ayuningsih, Franciska. 2020. “Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha dan Energi.” Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Darmawan, Yuda.2019 “Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas X SMA Jurusan IPS” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika”. Al asma: Journal of Islamic Education ISSN 2715-2812 (Online) Vol. 2, No. 1, May 2020
Suharsimi, Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu- guruku/2020/06/11/memanfaatkan-whatsapp-untuk-pembelajaran-daring-pada- pandemi/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/04/12-pengertian-penelitian-tindakan- kelas-menurut-para-ahli.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas
https://en.wikipedia.org/wiki/WhatsApp