THE EFFECT OF TBL (TASK BASED LEARNING) METHOD ON STUDENTS READING COMPREHENSION NARRATIVE TEXT A STUDY AT THE EIGHT GRADE OF SMP NEGERI 3 SATU ATAP ANDAM DEWI IN 2020/2021 ACADEMIC YEAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penggunaan dari TBL (Task Based Learning) method dalam pembelajaran membaca teks naratif, 2) kemampuan siswa memahami teks naratif sebelum dan setelah menggunakan metode TBL (Task Based Learning)3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari metode TBL (Task Based Learning) terhadap kemampuan siswa membaca teks naratif di kelas VIII SMP Negeri3 Satu Atap Andam Dewi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimendesign dengan menggunakan one group pretest and posttest design.Populasi dari penelitian ini semua kelas VIII yang terdiri 60 siswa dan sampel terdiri dari 30 siswa yang diambil secara porposive sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi dan instrument tes. Hasil penelitian ini adalah1) penggunaan metode TBL (Task Based Learning) adalah 3.4, dikategorikan “sangat baik”. 2) Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan metodeTBL (Task Based Learning)adalah 36,6, dikategorikan “gagal”. Sementara setelahmenggunakan metode TBL (Task Based Learning) adalah 71, dikategorikan “baik”. 3)ada pengaruh yang significant dalam penggunaan metode TBL (Task Based Learning) terhadap kemampuan siswa membaca teks naratif di kelas VIII SMP Negeri3 Satu Atap Andam Dewi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa ttest lebih besar dari ttable (ttest 12.46>ttable 2.04). Jadi, hipotesis diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan darimetode TBL (Task Based Learning)terhadap pemahaman siswamembaca teks naratif di kelas delapan SMP Negeri SMP Negeri3 Satu Atap Andam Dewi.
Article Details
References
Brown, Douglas. 2003. Language Assessment Principle and Classroom Practices. America. Pearson Education Inc.
Klinger, Janette.Ket al.2007. Teaching Reading Comprehension to Students With LearningDifficulties, New York : The Guilford Press.
Safitri, Hilma et al.2020. Improving Students’ Speaking Skills through Task-Based Learning: An Action Research at the English Departemen: International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol 7 issue 6.
Snow, Chair. 2002. Reading For Understanding Towards an R&D Program in Reading Comprehension. Arlington. RAND.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Surahman, Rachmat, Supardi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta Selatan. Pusdik SDM Kesehatan.