PROSES PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA KOTA BENGKULU

Main Article Content

Yahya Eko Nopiyanto Dian Pujianto

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran penjas adaptif yang ada di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 guru penjas yang berasal dari 5 sekolah yaitu: SLB Dharma Wanita, SLBN 1 Bengkulu, SLBN 2 Bengkulu, SLBN 3 Bengkulu, SLBN 4 Bengkulu. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal…adapaun teknik dan instrumen yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses pembelajaran penjas adapatif di SLB Dharma Wanita berada dalam kategori baik, proses pembelajaran penjas adapatif di SLBN 1 Bengkulu berada dalam kategori cukup,  proses pembelajaran penjas adapatif di SLBN 2 Bengkulu berada dalam kategori sangat baik,  proses pembelajaran penjas adapatif di SLBN 3 Bengkulu berada dalam kategori baik, proses pembelajaran penjas adapatif di SLBN 4 Bengkulu berada dalam kategori sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran penjas adapatif di SLB Kota Bengkulu berada dalam kategori baik. 

Article Details

How to Cite
[1]
Y. E. Nopiyanto and D. Pujianto, “PROSES PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA KOTA BENGKULU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 28-34, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Amelia, H. (2020). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Boneka dari Kaus Kaki bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 136-143. https://doi.org/10.31933/rrj.v3i1.336
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher).
Agustina, E. T., & Hanani, E. S. (2013). Survei Kelayakan Sarana Dan Prasarana Pelaksanaan Belajar Mengajar Penjasorkes Slb B Don Bosco Kabupaten Wonosobo Tahun 2011. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(4). https://doi.org/10.15294/active.v2i4.1140
Agustina, N. (2014). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kendal Dan Sekolah Luar Biasa Abc Swadaya Di Kabupaten Kendal. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(11). https://doi.org/10.15294/active.v3i11.4272
Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American journal of theoretical and applied statistics, 5(1), 1-4. doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11
Jauhari, M. N. (2017). Pengembangan Sekolah Inklusif Dengan Menggunakan Instrumen Indeks For Inclusion. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 13(23), 18 - 27. https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol13.No23.A445
Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhapad Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63-70. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2594
Julianti, Y., Usnawa, Y. V., Febrianti, R., Pratama, G. S., Aqobah, J., & Pratama, T. Y. (2019). Penggunaan Tongkat Modifikasi Stior Untuk Meningkatkan Kemampuan Orientasi Mobilitas Pada Anak Dengan Hambatan Penglihatan. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 4(1). http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5582
Mujianto, G. E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Penjas Adaptif Melalui Media Permainan Rainbow Flag Pada Siswa Tunarungu SMPLB Negeri Semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 32-37. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i1.3940
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: El Markazi.
Nopiyanto, Y. E., & Ibrahim, I. (2021). Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Filsafat Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 9(3), 177-181. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2773
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
Salasa, J. A. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Slb Rajawali Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Salim, Z. (2021). Kualitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
Sari, N. P. (2016). Persiapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Siswa Sdlb Negeri 40 Kabupaten Solok. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, 1(1), 20-26.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Pangesti, R., & Sudarsini, S. (2015). Pengembangan Media Video Senam Irama dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 5-9. http://dx.doi.org/10.17977/um029v2i12015p5-9
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanto, A. B. (2016). Modifikasi Permainan Bola Tangan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Tuna Rungu Di Slb Manunggal Slawi Kab Tegal Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Tristanti, A., Madyan, S., & Wiyono, D. F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pai Bagi Abk Hambatan Pendengaran Di Smplb Islam Yasindo Tumpang Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 10-17.
Vai, A., & Lorenza, J. (2019). Implementasi Pembelajaran Penjas Adaptif Pada Anak-Anak Kebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8243
Wagiran. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.
Wati, O. K., & Nugraha, A. W. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Sindrom Attention Defict Hyperactivity Disorder (Adhd) Di Slb Sekota Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 212-222. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3433
Yunisya, P., & Sopandi, A. A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaraan Penjas Adaptif Bagi Tunanetra di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 (SMK N 7 Padang). Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 30-35. https://doi.org/10.31933/rrj.v3i1.319