KURIKULUM DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19: TANTANGAN DAN PELUANG MENUJU PROGRAM MERDEKA BELAJAR

Main Article Content

Arifin .

Abstract

Berbagai usaha telah di lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di masa pandemi Covid-19, sesuai arahan dari pemerintah bahwa penyesuaian proses belajar mengajar bagi guru dan para siswa harus tetap berjalan meskipun harus terkendala oleh beberapa hambatan dan permasalahan. Dikeluarkannya kurikulum tahun 2013 dengan semboyan merdeka belajar, di harapkan dapat mendorong para siswa agar tetap produktif dan berinovasi dalam melaksanakan kegiatan belajar meskipun tidak di lakukan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta analisis triangulasi data, Hasil penelitian menjelaskan bahwa, Untuk mendukung kebijakan merdeka belajar yang di keluarkan oleh pemerintah di masa pandemi Covid-19,  kemendikbud selaku lembaga yang berwenang dalam tugas pokok ini menyiapkan tiga tahapan penting agar program tersebut dapat berjalan sesuai dengan perencanaan awal, dan  diantaranya adalah, membangun ekosistem pendidikan berbasis teknologi. Untuk meningkatkan kompetensi para pendidik serta menyiapkan ekosistem pendidikan dan teknologi yang lebih efisien dan berkualitas. seperti yang terdapat di SMA Negeri Karawang dimana selama pandemi berlangsung kegiatan proses belajar mengajar di lakukan dengan menggunakan sistem daring dan luring, sistem daring di lakukan selama tiga hari dalam seminggu sedangkan sistem luring di lakukan satu kali selama seminggu, adapun penggunaan beberapa aplikasi sebagai penunjang proses belajar daring dengan menggunakan aplikasi google classroom, whatsapp dan beberapa aplikasi lainnya.

Article Details

How to Cite
[1]
A. ., “KURIKULUM DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19: TANTANGAN DAN PELUANG MENUJU PROGRAM MERDEKA BELAJAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 279-284, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Ali, N. (2019). Pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran pada sekolah kejuruan di lingkungan pesantren. J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 48-59.
ANWAR, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.
Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59-69.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131-147.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075-1090.
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909-1917.
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagi mahasiswa pendidikan seni. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 1(1).
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-8.
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Hernawan, A. H., & Andriyani, D. (2011). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran EKOP.
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39-48.
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 157-182.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Buamona, S. A. M. U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154-164.
Novianti, D. E. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Apa dan Bagaimana?. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., ... & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Qoriah, U. M., Bafadal, I., & Mustiningsih, M. (2018). Manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 188-197.
Rosyidi, U., & PGRI, K. U. P. B. (2020). Merdeka Belajar: Aplikasinya Dalam Manajemen Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah. In Modul Seminar Nasional “Merdeka Belajar: Dalam Mencapai Indonesia Maju (Vol. 2045).
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In Urbangreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).
Sudrajat, T., Komarudin, O., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 339-347.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.
Wahyudi, W., & Suyitno, H. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).
Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar.
Wirabhakti, A. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Muatan Lokal Program Kepesantrenan di Sekolah. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 49-61.
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2017). Pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33-38.