PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MASA PENDEMI COVID-19

Main Article Content

Adhisty Wisudaningtyas LRini Sugiarti

Abstract

Investigasi dampak pelatihan motivasi pada pembelajaran siswa selama pandemi Covid 19 sedang dilakukan. Penelitian ini melibatkan 33 siswa dari tiga kelas IPA dan dua kelas IPS. Metode eksperimen yang digunakan untuk pengumpulan data termasuk pre-test dan post-test sebagai kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing. Menggunakan uji normalitas untuk menilai apakah data terdistribusi normal atau tidak adalah pendekatan umum dari analisis data. Dalam hal analisis data, uji normalitas adalah uji statistik pertama yang dilakukan. Uji t dan uji korelasi digunakan dalam uji hipotesis. Pada pretest nilai terendah adalah 50, sedangkan nilai maksimum adalah 70; pada post-test, skor terendah adalah 60 dan yang tetinggi adalah 90. Uji normaliats Prestasi siswa dan hasil pelatihan motivasi didapatkan terdistribusi normal. Penelitian juga menemukan Motivasi siswa mempunyai pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa tersebut.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Wisudaningtyas and L. Sugiarti, “PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MASA PENDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 284-288, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107-115.
Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601-608.
Di Lorenzo, G., & Di Trolio, R. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) in Italy: analysis of risk factors and proposed remedial measures. Frontiers in medicine, 7, 140.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). Model Asesmen Alternatif Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1).
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.
Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.
Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga, 2(1).
Setyaningsih, R., & Atmaja, H. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tidar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(2), 191-203.
Simamora, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2016).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulung, N. (2020). Analisis Pembelajaran Di Masa Pandemik Covid 19 (Literatur Review). Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(3), 496-513.
Susanto, N. (2020). Pengaruh Virus Covid 19 Terhadap Bidang Olahraga di Indonesia. Jurnal Stamina, 3(3), 145-153.
Widiara, I. K. (2018). Blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56.
Wijaya, I. G. N. S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STMIK STIKOM Bali. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 7(2), 192-198.
Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1-6.
Wulandari, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar Dan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1).
Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.