PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

NURBAITI S.Pd,.M.Pd

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan LKS matematika. LKS yang digunakan di sekolah-sekolah belum menuntut siswa untuk menemukan konsep matematika secara mandiri. Untuk itu dikembangkan LKS berbasis PBL yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep secara mandiri sehingga konsep dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan LKS berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp, yang terdiri atas tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitaas, dan efektivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi LKS. Data kepraktisan diperoleh dari hasil wawancara dengan peserta didik dan angket respon guru dan peserta didik. Data keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis PBL yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. LKS sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. LKS juga telah efektif dari segi aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini aktivitas siswa meningkat selama pembelajaran dan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa 89,4%. ini berarti LKS efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Problem Based Learning untuk pembelajaran matematika di kelas IV SD yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
N. S.Pd,.M.Pd, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 4, no. 2, p. 58, Jun. 2018.
Section
Artikel