THE DEVELOPMENT OF STEM APPROACH-BASED LEARNING MATERIALS TO PRACTICE SCIENTIFIC PROCESS SKILLS FOR STUDENTS OF VIII MTsN 2 KEDIRI

Main Article Content

Akhmad Sjahrir Z A I Supardi S E Cahyaningrum

Abstract

Tuntutan pembelajaran abad 21, dimana teknologi terintegrasi dalam pembelajaran sudah hal biasa. Pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematic) menjawab tuntutan pembelajaran abad 21. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dari segi kepraktisan perangkat pembelajaran dintinjau dari aktivitas peserta didik selama pembelajaran, sedangkan dari segi keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil keterampilan proses sains peserta didik. Metode yang digunakan penelitian pengembangan 4D yang diadaptasi. Pada tahap uji coba lapangan digunakan subjek penelitian 30 peserta didik kelas 8C di MTsN kota Kediri. Teknik analisis data yang digunakan deskripstif kuantitafif dan kualitatif. Peserta didik melakukan percobaan tekanan hidrostatsis, komponen keterampilan proses yang dianalisis (1) merumuskan masalah, (2) merumuskan hipotesis, (3) mengidentifikasi variabel, (3) menginterpretasi data dan (4) menarik simpulan. Tes keterampilan proses sains berupa soal esai pada materi tekanan zat cair yang sudah sesuai indikator KPS yang sudah ditentukan. Hasil validasi perangkat pembelajaran berkategori valid dan layak digunakan sebagai refrensi guru dalam pembelajaran, hasil kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh aktivitas peserta didik yang tertinggi melakukan percobaan, sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh hasil KPS tertinggi indikator menginterpretasi.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sjahrir, Z. A. I. Supardi, and S. E. Cahyaningrum, “THE DEVELOPMENT OF STEM APPROACH-BASED LEARNING MATERIALS TO PRACTICE SCIENTIFIC PROCESS SKILLS FOR STUDENTS OF VIII MTsN 2 KEDIRI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 307-311, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Tung, K. Y. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: PT Indeks.
Mahmud. (2018). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Putri, M. H., Fahmi, & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis. Journal of Banua Science Education, I(2), 79-84.
Quang, L. X. (2015). Integrated Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Education through Active Experience of Designing Technical Toys in Vietnamese Schools. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, Vol 11(2), 1-12.
Monica, K. M. (2005). Development and Validation Of A Test Of Integrated Science Process Skills For The Further Education And Training Learners. A Dissertation Submitted In Partial Fulfilment of The Requirements for The Degree of Master of Science In Science Education.
Dugger, W. E. (2015). Evolution of STEM in the United States. Blacksburg, USA: International Technology and Engineering Educators Association (ITEEA).
Afifah, A. (2021, Maret). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran IPA Konsep Tekanan Zat Cair melalui Pendekatan STEM (Science Technology Engineering Mathematics) di Kelas VIII SMPN 4 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(01), 75-79.
Zainuddin, Suyidno, Dewantara, D., Mahtari, S., Nur, M., Sunarti, T., et al. (2020, July). The Correlation of Scientific Knowledge-Science Process Skills and Scientific Creativity in Creative Responsibility Based Learning. International Journal of Instruction, XIII(3), 307-316.
Ibrahim, M., & Wahyusukartiningsih. (2014). Model Pembelajaran inovatif melalui Pemaknaan (Belajar perilaku positif dari Alam). Surabaya: Unesa University Press.
Sukmadinata, N. S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rodakarya.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, M. (2012). Dasar-dasa Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.
Painprasert, N., & Jeerungsuwan, N. (2015). Factors Supporting the STEM education Learning Management of Leader Teachers in the STEM Education Network of Thailand. International Conference on elearning for Knowledge Based Society.