PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERPENDEKATAN BALANCE LITERACY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU KELAS III SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Dwi Puji Lestari Wahyu Sukartiningsih Hendratno .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam mengembangkan media pembelajaran berupa buku digital berpendekatan balance literacy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 3 benda di sekitarku kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian ASSURE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa buku digital berpendekatan balance literacy valid, praktis, dan efektif karena memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga media pembelajaran berupa buku digital berpendekatan balance literacy relevan untuk diterapkan di kelas III sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Lestari, W. Sukartiningsih, and H. ., “PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERPENDEKATAN BALANCE LITERACY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU KELAS III SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 312-320, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara
Akbar, S. (2013). Instrument perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arono. (2014). Improving students listening skill through interactive multimedia in Indonesia. Journal of Language Teaching and Research, 5(1), 63–69. https://doi.org/10.4304/jltr.5.1.63-69
Asyhar, H. Rayandra. (2012). Kratif Mengembangkan Media Paembelajaran. Jakarta: Referensi
Atmazaki, Ali, B. V., & Muldian, W. (2017). Panduan gerakan literasi nasional. (L. A. Mayani, Ed.). Jakarta: Kemendikbud.
Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & M., W. J. (2011). Critical thinking: A Student’s introduction. New York.
BSNP. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI, 1–59.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. (A. Fawaid & R. K. Pncasari, Eds.) (Terjemah). yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Costa, A. L. and Presseisenm B.Z. (1985). Glossary of Thinking Skill, in A. L. Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dian, M. (2013).Pengembangan Buku Digital Interaktif (BUDIN) Berbasis Adobe Creative Suite Pada Materi Genetika di SMK. 7-15
Faizah, D. U., Sufyadi, S., & Anggraini, L. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Dirjendikdasmen Kemendikbud.
Faizah, D. U., Sufyadi, S., & Anggraini, L. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Dirjendikdasmen Kemendikbud.
Fresch, M. J. (2016). Strategi balance literacy.pdf. Huntington Beach: Shell Education.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research (An introduction). Perason Education, Inc.
Hartati, T. (2017). Multimedia in literacy development at remote elementary schools in west java. Journal Edutech, 15(3), 301. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i3.4873
Haryono. (2017). Teknologi pendidikan dan pembelajaran abad 21. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 425–436.
Iswary, E. (2012). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia secara terpadu: pendekatan whole language. Makassar: Unhas Repository. Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/1913
Kadir, M. A. A. (2017). What teacher knowledge matters in effectively developing critical thinkers in the 21 st century curriculum? Journal Thinking Skills and Creativity, 23, 79–90. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.011
Kemendikbud. Salinan ampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (2013).
Mas’ud, M. (2014). Membuat Media Pembelajaran dengan lectora. (Nursa’ban Muhammad, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Shonif
Maulana. (2017). Konsep dasar matematika dan pengembangan kemampuan berpikir kritis-kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. (A. H. Syaf, Ed.). Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Munir. (2012). Multimedia: konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Oka, G. P. A. (2017). Media dan Media Pembelajaran. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta: Deepublish.
Priyatno. (2016). Belajar lat analisis data dan cara pengolahnnya dengan SPSS praktis dan mudah dipahami untuk tingkat pemula dan menengah. Yogyakarta: Gava Media
Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1529–1535.
Robinson, L., Lambert, M. C., Towner, J., & Caros, J. (2016). A comparison of direct instruction and balanced literacy: An evaluative comparison for a pacific northwest rural school district. Reading Improvement, 53(4), 147–164.
Robinson, L., Lambert, M. C., Towner, J., & Caros, J. (2016). A comparison of direct instruction and balanced literacy: An evaluative comparison for a pacific northwest rural school district. Reading Improvement, 53(4), 147–164.
Sadiman, A. S., Rahardjo, & Haryono, A. (2014). Media pendidikan (pengertian, pengemabangan, dan pemanfaatnnya). Jakarta: PT RajaGrafindo Perkasa.
Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan: educational psychology (3rd ed.). New York: McGraw-Hill
Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan: educational psychology (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi%5CnPENGEMBANGAN
Shaw, D., & Hurst, K. (2012). A Balanced literacy initiative for one suburban school district in the united states. Education Research International, 2012(1), 1–9. https://doi.org/10.1155/2012/609271
Sihotang, K., Rima, F., Molan, B., Ujan, A. A., & Ristyantoro, R. (2012). Critical thinking membangun pemikiran logis. (Y. Jena, Ed.). Jajarta: Pustaka Sinar Harapan
Styosari, P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Jakarta: Prenemedia Grup.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan: research and development. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharso, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2016). Model-model pembelajaran emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Surya, H. (2013). Cara belajar orang genius. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran: hakikat, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Eric. Indiana: Indiana University Bloomington. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya dalam kurikuum KTSP. Jakarta: Prenada Media
Wiediarti, P., & Laksono, K. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Dirjendikdasmen Kemendikbud.
Woolley, G. (2014). Developing literacy in the primary classroom. (J. Clark, Ed.). London: SAGE Publication Ltd.
Yukon. (2015). A balanced literacy approach. Canadian Cordillera physiographic region. Retrieved from http://www.education.gov.yk.ca/fr/pdf/publications/ BalancedLiteracyBooklet.pdf
Yuliyati. (2014). Model budaya baca-tulis berbasis balance literacy dan gerakan informasi literasi di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 117–126. https://doi.org/10.17977/JIP.V20I1.4386