STIMULATING 8TH GRADERS STUDENTS TO REVEAL MORAL VALUE OF SONG

Main Article Content

Erna Wiyanti Ali Mustofa Tengsoe Tjahjono

Abstract

Jurnal penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan cara meningkatkan kemampuan siswa kelas 8 dalam menemukan nilai moral pada lagu. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 8 SMP negeri di Surabaya. Strategi ini melalui dua sesi. Sesi pertama dalam meningkatkan siswa kelas 8 untuk menemukan nilai moral dilakukan di kelas 8 melalui beberapa pertanyaan dari guru sesi kedua dilakukan melalui pengamatan hasil tulisan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan hasil jawaban siswa dan hasil tulisan siswa.Kegiatan observasi dilakukan untuk mengetahui pemahaman teks lagu dari siswayang dilakukan guru selama pembelajaran. Dalam kegiatan observasi juga dilakukan untuk mengamati kemampuan pemahaman terhadap lagu dan menemukan nilai moral. Selain itu juga dilakukan kegiatan menulis. Peneliti melakukan observasi dengan guru dan siswa Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualititatif. Hasil analis data menunjukan bahwa guru melakukan pengamatan menggunakan data tulisan siswa dalam menuliskan kembali ke bentuk tulisan lain berdasarkan nilai moral yang sudah ditemukan dalam lagu. Berdasarkan hasilan alisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa siswa dapat menemukan nilai moral pada lagu setelah melakukan pemahaman bacaan dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru. Siswa yang dapat menuliskan ulang menjadi teks naratif adalah siswa yang dapat menemukan nilai moral pada lagu. Hasil tulisan siswa yang pendek menunjukkan bahwa pemahamannya terhadap lagu kurang. Dalam strategi meningkatkan kemmapuan siswa dalam menulis, guru sebagai pembimbing bagi siswa untuk dapat memahami makna di balikcerita yang mengandung banyak pesan moral dan siswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam berpikir logis dan kritis dalam kehidupan sehari-hari.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Wiyanti, A. Mustofa, and T. Tjahjono, “STIMULATING 8TH GRADERS STUDENTS TO REVEAL MORAL VALUE OF SONG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 321-326, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Ary, Donald, Jacobs, Lucy Cheser, Sorensen, Christ, &Razavieh, Asghar. (2010). Introduction to Research in Education (8 ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cangage Learning.
Bogdan, Robert C., &Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative Research for Education (Fifth ed.). Toronto: Allyn and Bacon Inc.
Bouchard, N. (2002). A Narrative Approach to Moral Experience Using Dramatic Play and Writing.Journal of Moral Education, 31 (4).
Derewianka, Beverly. (2003). Trend and Issues in Gendre-Based Approaches. RELC Journal.
Hardini, SusantiRetno. (2013). Developing Character Values in Teaching Narrative Text Using Genre-Based Approach.Indonesia University of Education, Bandung.
Ismail, Taufik. 2013. “Sastra dan Kurikulum 2013”. Horizon. XLVI. Vol. 197 No. 6.
Jamaludin. (2013). The Integration Process of Character Values in Teaching Narrative Text.State University of Surabaya, Surabaya.
Keraf, Gorys. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Kern, R. (2000). Literary and language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: CV. Yrama Widya.
Merriam, S. (2002).Qualitative Practice in Research. San Francisco, CA: Jossey- Bass.
Muslimin. (2011). “Perlunya Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia” Jurnal Bahasa dan Budaya. Vol.1 No. 1.
Permendikbud No. 68 (2013).Kurikulum 2013: StrukturKurikulum SMP/Mts.Jakarta: PusatKurikulumdanPerbukuan.
RachmatDjokoPradopo. BeberapaTeoriSastra, MetodeKritik, danPenerapannya. Yogyakarta: PustakaPelajar. 2007. H. 211
Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencanarenada Media Group.
Sarumpaet, Toha Riris. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.
Jakarta: Kencana.
Sigelman, Carol K, Rider, Elizabeth A.(2009). Life Span Human Development (6 ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.
Simpkins, Gail. E. and Kenneth Hoskisson. (1991). Language Art: Content and Teacher Strategies. New York: Max Well Macmillan International Publishing Group.
Slavin, R.E. (2006). Educational Psychology Theory and Practice 8thEdition. Allyn & Bacon, Boston: Pearson Edition, Inc.
Sunendar, Dadang dan Wasid Iskandar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Veugelers, Wifel. (2008). Moral Values in Teacher Education.1-8.
Yimwilai, Supaporn. (2009). Using Narrative Texts to Teach Reading. 29 (1).