PENGUJIAN EFEK CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG

Main Article Content

Steven Daniel Ariesya Aprillia

Abstract

Perkembangan teknologi berjalan dengan cepat, salah satunya adalah teknologi ponsel pintar atau biasa disebut smartphone. Namun sayangnya seiring pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia, penjualan Samsung di Indonesia justru mengalami penurunan performa. Menguji dan menganalisis apakah terdapat efek/pengaruh dari variabel citra merek dan kualitas produk pada pengambilan keputusan pembelian smartphone Samsung merupakan tujuan penelitian. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang digunakan, serta sampelnya adalah mahasiswa/i Program Studi S-1 Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha Bandung yang sedang menggunakan smartphone Samsung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, lalu diuji dengan uji reliabilitas, validitas, asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan ialah citra merek dan kualitas produk memberi efek/pengaruh secara parsial maupun simultan pada pengambilan keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Daniel and A. Aprillia, “PENGUJIAN EFEK CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 84-88, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Alfianto, R. (2021). IDC: Pasar smartphone Indonesia berhasil bertahan di tengah pandemi. https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/gadget/17/03/2021/idc-pasar-smartphone-indonesia-berhasil-bertahan-di-tengah-pandemi/?page=all
Alfred, O. (2013). Influences of price and quality on consumer purchase of mobile phone in the Kumasi Metropolis in Ghana: A comparative study. European Journal of Business and Management, 5(1), 179–199. https://www.iiste.org/Journals/index.php/EJBM/article/view/3919
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Arjuna, H., & Ilmi, S. (2020). Effect of brand image, price and quality of the product on the smartphone purchase decision. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 294–305. http://ejournal.uin-suka.ac.id/febi/ekbis/article/view/1190
Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). Smartphone Samsung di Makassar. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3, 18–32. http://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/mandar
Dharmesta, B.S., & Handoko, T. H. (2012). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen (1st ed.). Yogyakarta: BPFE.
Firmansyah, M. A. (2019). Buku pemasaran produk dan merek. In Buku pemasaran produk dan merek (Issue August).
Iskuntianti, N. D., Faisal, M. A., Naimah, J., &Sanjaya, V. F. (2020). The Influence of brand image, lifestyle, and product quality on purchasing decisions. Journal of Business Management Review, 1(6), 436–448. https://doi.org/10.47153/jbmr16.752020
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of marketing (15th ed.). United Kingdom: Pearson Education Ltd.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, D. A. (2013). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Norbaiti, N., & Rahmi, W. S. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone di Banjarmasin. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 1(2), 80–91. https://doi.org/10.47747/jismab.v1i2.96
Nugroho, L. B. I. (2017). Analisis pengaruh brand image, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil (Studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.75
Nurlaila, N., Nainggolan, W. N., & Nurlinda. (2021). Pengaruh brand image dan kualitas produk pada witel Medan. 4(1), 33–43. https://www.researchgate.net/profile/Nurlinda-Nurlinda/publication/352934415_pengaruh_brand_image_dan_kualitas_produk_terhadap_keputusan_pembelian_produk_indihome/links/60e031c2299bf1ea9edb3d28/pengaruh-brand-image-dan-kualitas-produk-terhadap-keputusan-pembelian
Pusparisa, Y. (2020). Pengguna smartphone diperkirakan mencapai 89% populasi pada 2025. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025
Sabrina, N. A. P., & Nugraha, A. T. (2019). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, harga dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian Pizza Hut di Jakarta Barat. Agribusiness Journal, 12(2), 148–156. https://doi.org/10.15408/aj.v12i2.11865
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku konsumen pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta: Andi.
Sebayang, R. (2019). Kisah Samsung si raja smartphone, yang dulunya produsen mie. https://www.cnbcindonesia.com/.
Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil all new Rio KIA Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 92–102. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/8/8
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi (Edisi  8). Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Brand management & strategy. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, T. (2018). Manajemen kualitas jasa: Desain servqual, QFD, dan Kano (B. Sarwiji (ed.); Edisi: 2). Jakarta: PT Indeks.
Yasmin, A. (2017). Impact of advertisements and brand image on purchase decision. International Journal of Research in Social Sciences, 7(4), 6–7. https://www.ijmra.us/project doc/2017/IJRSS_october2017/IJMRA-12431.pdf