IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMEBENTUK KARAKTER SISWA DI MI. TARBIYATUSSIBYAN TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG

Main Article Content

Dewi Ambarsari Astuti Darmiyati

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan mengenai pengimplementasian pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah Madrasah ibtidaiyah Kota Karawang. Pentingnya penerapan pendidikan akhlak dalam upaya menangani berbagai permasalahan kemerosotan moral yang terjadi di kalangan para pelajar Indonesia, membuat peran sekolah harus berupaya semaksimal mungkin khusunya dalam menciptakan atau meningkatkan mutu pendidikannya, baik itu bersifat umum ataupun keagamaan, karena fungsi pendidikan nasional sendiri memang di upayakan untuk mengembangkan berbagai kemampuan peserta didiknya, sekaligus  membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta membentuk masyarakatnya agar mampu memiliki sikap mulia,  berilmu, kreatif, mandiri, dan berwawasan luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi observasi, wawancara serta studi dokumentasi, dan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Proses perencanaan implementasi nilai-nilai akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa memang memiliki dasar dan tujuan yang sangat baik dimana dengan diterapkannya implementasi nilai-nilai akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa tersebut di harapkan peserta didik dapat memahami dan mengamalkannya secara bertahap dengan tujuan mampu menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi, karena tujuan dari di kembangkannya pendidikan akidah akhlak di kalangan peserta didik dapat menumbuhkan karakter baru yang penuh dengan rasa tanggung jawab, selain itu proses pelaksanaan pengintegrasian pendidikan karakter melalui mata pelajaran akidah akhlak telah dilakukan dengan  sesuai kurikulum yang berlaku dengan mengacu pada rencana proses pembelajaran yang digunakan di lingkungan sekolah, dimana di dalamnya meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Ambarsari and A. Darmiyati, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMEBENTUK KARAKTER SISWA DI MI. TARBIYATUSSIBYAN TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 371-378, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Azizah, R. H. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas X di MAN 2 Tulungagung.
Bariah, K., & Assya'bani, R. (2019). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Studi Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 3(2), 139-162.
Dwi Sabtui, T., Adnan, L., & Ulfah, S. M. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK ETIKA BERBUSANA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IHSAN TANJUNG JABUNG TIMUR (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Efendy, S. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X Bahasa Di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Elfiyatussholihah, E. (2021). Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Fauzi, A. (2016). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Doraemon yang berjudul Stand By Me dan implementasinya dengan pendidikan akhlak di MIN Kawistolegi Karanggeneng Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Hasibuan, M. (2020). Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Mts Swasta Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 204-215.
Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 182-191.
Karoomah, N. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS. SURYA BUANA MALANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Khoiriyah, M. (2018). Pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter Religius siswa di SMK Ma’arif NU Mantup (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Khotimah, K. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Information Search pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Sistem Daring Kelas III MI Plus Miftahul Ulum Morang Kare Madiun Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Komariah, A. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.
Lailatul, M. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Mulia, H. R. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 118-129.
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220-231.
Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366-377.
Nurwati, N., & Mulyana, N. (2021). Resiliensi Keluarga Single Parent dengan anak Skizofrenia. MEDIA BINA ILMIAH, 14(8), 3061-3064.
Permana, V. F. (2017). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG.
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187-197.
Rusminah, S. (2019). Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309-322.
Maulida, H. (2020). POLA KOMUNIKASI SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH RAMAH ANAK. Media Bina Ilmiah, 14(12), 3717-3728.
Maulida, H., & Nugrahenti, M. C. (2020). Edukasi Hukum Dan Etika Bermedia Sosial Bagi Gen Z. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 115-122.
Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP BERBASIS PESANTREN. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12-17.