REFLEKSI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM MEMBENTUK INSAN KAMIL DI MTsN 4 KARAWANG

Main Article Content

Dhemas Fajar Handika Astuti Darmiyati

Abstract

Globalisasi telah membawa dampak yang sangat serius terhadap persaingan dan keunggulan di berbagai aspek kehidupan manusia,  dalam konteks pembelajaran kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan semakin kencangnya arus globalisasi dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan,  maka sebagai salah satu cara efektif guna menanggulangi berbagai hal buruk yang dapat berdampak pada sistem pendidikan nasional, lembaga pendidikan sudah seharusnya menerapkan sistem pendidikan karakter yang bertujuan untuk membentuk sikap insan kamil yang ideal bagi para siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pendidikan karakter sebenarnya merupakan inti dari mata pelajaran agama islam, oleh karena itu kajian pendidikan karakter dalam agama islam tidak bisa dilepaskan dari kajian pendidikan islam pada umumnya, maka dapat kita simpulkan bahwa penerapan kurikulum yang membangun karakter insan kamil dalam perspektif islam memiliki ciri-ciri  khusus seperti pembinaan anak didik untuk bertauhid kemudian kurikulum harus disesuaikan dengan fitrah  manusia sebagai mahluk yang memiliki keyakinan kepada Tuhan, Kurikulum yang disajikan merupakan hasil pengujian materi dengan landasan Al-Quran dan As-Sunnah serta mampu mengarahkan minat dan bakat yang di miliki oleh setiap siswa. Dengan demikian, pendidikan karakter yang bertujuan membentuk insan kamil dapat di lihat dari  tolak ukur utamanya yakni pemahaman terhadap nilai-nilai yang bersumber dari agama dan dipadukan sebagai kurikulum utuh dalam sebuah lembaga pendidikan.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Handika and A. Darmiyati, “REFLEKSI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM MEMBENTUK INSAN KAMIL DI MTsN 4 KARAWANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 379-385, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Achmad, W. (2021). Citizen and Netizen Society: The Meaning of Social Change From a Technology Point of View. Jurnal Mantik, 5(3), 1564-1570.
Adilla, U. (2013). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter Pada Mts Pembangunan Uin Jakarta.
Aprilia, D., & Jinan, M. (2018). Upaya Pembinaan Karakter Di Asrama MTs N 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Arifudin, Imam Syahid. 2015. Peran Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Dikelas V SD N 1 Siluman. UPI.
Asnawati, A. (2021). KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN AKHLAKUL KARIMAH DI MTS RAUDHATUL ISLAMIYAH KEMIRI. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1).
Farida, I., & Kamalia, A. A. (2020). KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI MTs MA’ARIF NU KEMIRI. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 9-19.
Hamid, Hamdani dan Saebani, Beni Ahmad.2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.Bandung : CV. Pustaka Setia.
Jannah, N. U. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs N 9 SLEMAN.
Jauhary, M. A. F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun 2020 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Jihad, Asep., Rawi, M. Muchlas., dan Komarudin, Noer. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Implementasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.
Ma'arif, M. A. (2020). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KESISWAAN DI MTs MISBAHUL HASAN ANDUNGSARI TIRIS PROBOLINGGO. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(1), 13-32.
Ma'arif, M. A. (2020). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KESISWAAN DI MTs MISBAHUL HASAN ANDUNGSARI TIRIS PROBOLINGGO. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(1), 13-32.
Mutaqin, M. Z. (2019). NILAI RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS AR-ROYHAN WARUNGGUNUNG KABUPATEN LEBAK. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 7(2).
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187-197.
Rohmawati, I. (2020). Model Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah dan Akhlak di KelasVII MTs Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran: 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Rusdiana, A. (2014). Penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem): Penelitian di MTs Al-Misbah Cipadung Kota Bandung.
Tamam, T. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) RIYADHUS SHOLIHIN MEGANG SAKTI MUSI RAWAS (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Wahyuni, Uri. 2015. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul 2014/2015.Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. (diakses 14 Juli 2018)
Wibowo, Agus dan gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cet. I.