BISNIS MODEL IMPLEMENTASI MOBILE APPLICATION TERINTEGRASI DENGAN WEB DESA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA CINTARAKYATKABUPATEN GARUT

Main Article Content

Raden Aries Sofwan Zarkasih Bambang Yasmadi Ruhiyat Sobirin Iwan Satriyo Nugroho

Abstract

Desa Cintarakyat terletak sangat strategis di Kecamatan Samarang. Desa ini memiliki potensi yang sangat besar sehingga perlu diketahui oleh pihak eksternal, termasuk para investor.Diberlakukannya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 mengenai desa memberi tambahan peluang besar bagi tiap-tiap desa untuk maju dan bersaing hadapi tantangan global, salah satu peluang yang bisa digunakan adalah memanfaatkan teknologi informasi. Dibutuhkan tempat yang berbasis teknologi informasi sehingga bisa menjadi pendukung di dalam penyampaian informasi dan fasilitas promosi desa. Media yang pas untuk mendukung maksud tersebut adalah wesite desa. Kegiatan Pengabdian kepada Massyarakat ini mempunyai tujuan menganalisa, merancang, membangun dan menerapkan website desa. Metode pelaksanaan adalah metode pengembangan perangkat lunak yakni metode purwa rupa yang melibatkan pengguna secara aktif. Perancangan dan pelaksanaan meliputi 12 langkah prosedur dengan 7 kegiatan pendampingan utama. Pelaksanaan kesibukan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan luaran produk website yang cukup lengkap sebagai purwarupa awal yang diuji dihosting bersama dengan alamat https://www.cintarakyat.com/containers/pages/page_sejarah_desa.php Penerapan website ini diharapkan bisa tingkatkan arus informasi yang bisa disampaikan secara efektif kepada masyarakat desa tentang kesibukan pemerintahan desa, fasilitas masyarakat, dan bisa digunakan sebagai fasilitas promosi bagi desa

Article Details

How to Cite
[1]
R. A. Zarkasih, B. Yasmadi, R. Sobirin, and I. Nugroho, “BISNIS MODEL IMPLEMENTASI MOBILE APPLICATION TERINTEGRASI DENGAN WEB DESA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA CINTARAKYATKABUPATEN GARUT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 386-390, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Achmad, W. (2021). Citizen and Netizen Society: The Meaning of Social Change From a Technology Point of View. Jurnal Mantik, 5(3), 1564-1570.
Darmawan, Deni (2016) Sistem Informasi Manajemen, remajarosdakarya, Bandung : 1
Elektronik Furniture Citec Journal, Vol. 2, No. 4, Agustus 2015 – Oktober 2015
Indrajani, 2017, Database Design, PT. Gramedia Jakarta.
Kosasi S., 2015. Penerapan Rapid Application Development Dalam Sistem Perniagaan
Ladjamudin, Al Bahra Bin, 2013, Analisis dan desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta
McLuhan, M., Mcluhan, M.A. and Lapham, L.H., (2001). Understanding media: The extensions of man. MIT press.
Setiawan, Ade., (2011). Rapid Application Development. Univesitas Gunadarma
Sidiq, R., Sofro, S., Jalil, A., & Achmad W, R. W. (2021). Virtual World Solidarity: How Social Solidarity is Built on the Crowdfunding Platform Kitabisa. com. Webology, 18(1).
Zarkasih, R. A. S. (2021). Web Usage Mining Analysis in “OLX Autos” Online Sales Applications. Jurnal Mantik, 5(2), 600-607.
Zarkasih, R. A. S., Nugroho, I. S., Murni, R. R. S., & Nahwan, D. (2021). Kontrol Kualitas Kain Grey Menggunakan Metode SQC melalui Supervisory Skill dan Digital Visual Monitoring. Media Nusantara, 18(2), 183-192.
https://sevima.com/tahapan-membuat-website-baru/
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014
https://www.joomla.org/
http://www.internetworldstats.com/stats.htm
http://www.internetworldstats.com/stats3.htm