REWARD MEMPENGARUHI HASILBELAJARSISWA KELAS VII MTS NEGERI PADANGSIDIMPUAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian reward berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Ajar 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 1 Padangsidimpuan dengan jumlah sampel 182 orang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparasi dengan Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dokumentasi nilai dan angket.Untuk menganalisis data digunakan uji prasyarat dan uji hipotesis.Dari hasil analisis data diperoleh bahwa variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Selanjutnya hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian reward terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa dengan thitung> ttabel (7,66> 1,97), dengan koefisien korelasi r = 0,382 dan persentase pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar yaitu 14,6%.
Article Details
References
Chen,P.H., (2010), Rewards for reading: their effect on reading motivation: http://bobhall.tamu,edu/epsy.com/4.641-655 (diakses 19 Maret 2011).
Davidoff, L., (1988), Psikologi Suatu Pengantar, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.
Hurrahman, (2008), Motivasi dan Bimbingan dalam Belajar, http://udhiexz.wordpress.com/category/pendidikan/psikologi-pendidikan/(diakses 07 Mei 2011).
Sudijono, A., (2009), Pengantar Statitik Pendidikan, RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Suparno, (2001), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Gramedia, Jakarta.
Uno, H., (2005), Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.