ANALISIS PENGGUNAAN SPADA PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI PRODI PENDIDIKAN VOKASIONAL INFORMATIKA, INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
Main Article Content
Abstract
Adanya pendemi covid-19 menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing. Pendidikan menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pendemi covid-19. dengan adanya interaksi, kementrian pendidikan Indonesia juga mengeluarkan kebijakan dengan meliburkan kampus dan mengganti proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan sistem daring. Namun perlu diketahui pembelajaran daring tidak akan telaksana jika mahasiswa tidak memiliki kuota internet dan jaringan internet yang tidak memadai. Berdasarkan uraian tersebut terdapat dampak penggunaan SPADA IPTS terhadap minat belajar mahasiswa dimasa pendemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner (angket) dan wawancara. Responden penelitian berjumlah 40 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berminat menggunakan SPADA IPTS, dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh adalah nilai rata-rata 77,25 dan berada pada kategori“berminat”. Adapun nilai rata-rata persentase minat belajar mahasiswa adalah 45% yang berada pada kategori “sangat berminat”, 37,5% yang berada pada kategori “berminat”, 7,5% yang bereda pada kategori “cukup berminat” dan 10% berada pada kategori “kurang berminat”.
Article Details
References
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kalitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfbeta.