MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS WARMADEWA MELALUI “SAPTA BAYU” SPIRIT SRI KESARI WARMADEWA

Main Article Content

Pande Ayu Naya Kasih Permatananda

Abstract

Mahasiswa kedokteran memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis sebagai cikal bakal dokter yang profesional. Mahasiswa kedokteran yang telah menyelesaikan pendidikan akademik dan profesi tidak serta merta memiliki karakter profesi dokter yang mulia. Karakter profesional seorang dokter tersebut dapat dikembangkan melalui proses pendidikan, yakni pendidikan karakter. Sebagai salah satu universitas dengan keunikan karakter , Universitas Warmadewa memiliki dan mengembangkan spirit Sri Kesari Warmadewa yang terilhami dari Raja-Raja Bali. Makalah ini akan memberikan gambaran pendidikan karakter dan implementasi Sapta Bayu dalam membangun karakter pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Warmadewa. Makalah ini dibuat menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada pendidikan karakter, etika, dan profesionalisme mahasiswa kedokteran. Melalui observasi dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan i Implementasi pendidikan karakter pada mahasiswa kedokteran di Universitas Warmadewa berjalan secara formal dan informal. Sapta Bayu yang merupakan abstrasi personifikasi Sri Ke nilai luhur Sri Kesari Warmadewa diharapkan dapat menjadi landasan dalam membentuk karakter mahasiswa Kedokteran yang berkarakter dan berintegritas seperti raja-raja Bali.

Article Details

How to Cite
[1]
P. A. N. K. Permatananda, “MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS WARMADEWA MELALUI ‘SAPTA BAYU’ SPIRIT SRI KESARI WARMADEWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 1-5, Mar. 2022.
Section
Artikel

References

Kesehatan. Deepublish, Yogyakarta.
Dhiu, K.D., Bate, N. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Kajian Teoritis Praktis. 2nd Annual Proceeding, November 2017 STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT, 172-176.
Maclean, A. 2009. Autonomy, Informed Consent and Medical Law: A Relational Challenge (Cambridge Law, Medicine, and Ethics). Cambridge University Press, Cambridge.
MEU FKIK Unwar. 2021. Buku Mahasiswa Block I.1 General Studies Edisi Ketujuh. Medical Education Unit Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar.
MEU FKIK Unwar. 2021. Buku Mahasiswa Blok 2.5 Medical Humanities, Ethics, Laws, and Professionalism Edisi Kelima. Medical Education Unit Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar.
MKEK-IDI. 2012. Kode Etik Kedokteran Indonesia. Ikatan Dokter Indonesia, Jakarta
Lilik, Mertayasa, I.K. 2019. Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Bawi Ayah 10(2):60-80.
Nadeak, B. 2015. Etika Pendidikan Kedokteran: Keteladanan dalam Profesionalisme. JDP 8(2):123-129.
Pemerintah Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Pemerintah Republik Indonesia, Jakarta.
Purnamasari, C.B., Claramita, M., Prabandari, Y.S. 2015. Pembelajaran Profesionalisme Kedokteran dalam Persepsi Instruktur dan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia 4(1):21-27.
Purwanti, M., Armyanti, I., Asrorudin, M. 2020. Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Mengenai Konsep Profesionalisme Dokter. Cermin Dunia Kedokteran 47(10):751-756.
Putra, N.M.W.N.D., Arsana, I.W.E, Permatananda, P.A.N.K. 2021. Hubungan Antara Body Image dan Perilaku Diet pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa Tahun Angkatan 2020. AMJ (Aesculapius Medical Journal) 1(1):27-31.
Raka, A.A.G., Parwata, I.W., Runa, I.W., Laksmi, A.A.R.S., Sumantra, I.D.P. 2018. Sapta Bayu Sri Ksari Warmadewa. Warmadewa University Press, Denpasar.
Wahono, M. 2018. Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik 29(2):1-8.
Zahir, A., Srirahayu, A., Ali, B. 2016. Pengembangan Karakter Melalui Praktek Dunia Kerja. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo 2(1):636-645.