PEMANFAATAN POTENSI BAGAS GODANG DAN SOPO GODANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN

Main Article Content

Ali Yusron Deka Maita Sandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan potensi bagas godang dan sopo godang sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Panyabungan. Permasalahan yang dikaji meliputi identifikasi potensi, kendala yang dihadapi dalam pengembangan maupun pemanfaatan, serta upaya dalam pemanfaatan potensi bagas godang dan sopo godang sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menemukan bahwa bagas godang dan sopo godang berpotensi digunakan sebagai sumber pembelajaran sejarah dilihat dari perspektif instruksional kurikulum, kesesuaian identitas dan kondisi sosio-kultural siswa, kemampuan memperjelas materi pembelajaran, memudahkan proses pembelajaran, serta sumber belajar masih tersedia. Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan potensi bagas godang dan sopo godang sebagai sumber belajar sejarah terkait kemampuan guru dalam eksplorasi sumber belajar, dilema antara memenuhi tuntutan kurikulum dengan alokasi waktu, faktor internal siswa yang memiliki kemampuan berbeda, dan informasi bagas godang dan sopo godang yang minim. Upaya guru dalam memanfaatkan bagas godang dan sopo godang, diantaranya melalui media pembelajaran visual maupun audio-visual, kegiatan penelitian sejarah sederhana, serta melalui kegiatan karya wisata.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Yusron and D. Sandi, “PEMANFAATAN POTENSI BAGAS GODANG DAN SOPO GODANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 433-437, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Pustaka
Maleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution, Pandapotan. 2005. Adat Budaya Mandailing Dalam Tantangan Zaman, Sumatera Utara: Forkala
Sudono, Anggani. 2000. Lingkungan dan Sumber Belajar. Jakarta: Grasindo
Sudjana, Nana. 2007. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Situmorang, Oloan. 1997. Mengenali Bangunan Serta Ornamen Rumah Adat Daerah Mandailing dan Hubungannya dengan Perlambangan Adat, Medan: CV. Angkasa Wira Usaha
Widja, I Gde. 1999. Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPT