PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS

Main Article Content

Ermawita . Hanifah Nur Nasution Miswadi .

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang pendidikan membawa perubahan pada sistim pendidikan mengharuskan tenaga pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media pembelajaran. Saat ini banyak pilihan media interaktif  berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat dimanfaatkan dalam menyampaikan materi pelajaran. Guru dituntut lebih kreatif lagi dan harus mampu berinovasi  dalam mempersiapkan dan mengembangkan bahan ajar, dengan harapan tingkat kebosanan siswa saat proses pembelajaran dapat dikurangi.Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum memanfaatkan perkembangan media pembelajaran ini, dan cenderung menganut sistim konvensional. Hal ini juga terjadi diSMP Negeri 5 Muara Batang Gadis, saat pelaksanaan observasi lapangan pada tanggal 2 Agustus 2021. Guru mengandalkan buku teks pelajaran dengan metode ceramah dan hapalan dalam menyampaikan materi pelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bermaksud mengembangkan bahan ajar berbasis media pembelajaran yaitu Autoplay Media Studio8.5. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D). Agar dihasilkan produk baru yang maksimal dibutuhkan metode dan langkah-langkah akurat yaitu menggunakan metode pendekatan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan melalui evaluasi ahli media dan ahli materi sehingga tingkat kalayakannya daapat diakui. Hasil analisa menunjukkan bahwa tingkat kelayakan menurut ahli media 92%, menurut ahli materi 96% dan hasil respon siswa 95% dengan sehingga kategori produk sangat baik dan valid dan layak untuk dikembangkan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. ., H. Nasution, and M. ., “PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 438-444, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Ahmad Arifin, Achmad Rante Suparman, Radite Yogaswara. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Software Autoplay Media Studio Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Arfak Chem : Chemistry Education Journal. p ISSN 2615-627X, e ISSN 2615-6288.
Andrew Fernando Pakpahan, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta. Yayasan Kita Menulis.
Arsad Bahri, Wahyu Hidayat, Abdul Qalam Muntaha. 2018. Penggunaan Media Berbasis AutoPlay Media Studio 8 untuk MeningkatkanAktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Proceeding Biology Education Conference. Volume 15, Nomor 1.
Buaddin Hasan, Didik Hermanto. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, Desember 2019, 1(2):53-59 DOI: https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.981
Cahyaningtyas Rosita, Iriyani Siska. 2015. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMP Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security. Volume 4 Nomor 2.
Chandam Purnama, H, SE, MM, Dr. 2018. Sistem Informasi Manajemen. Insan Global. Mojokerto.
Efmi Maiyana. 2018. Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains Dan Informatika Research Of Science And Informatic V4.I1 (54-67)
Elsa Novyarti, Jefri Marzal, Rohati. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Dan Autoplay Media Studio Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Inquiry Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII SMP. Jurnal Edumatica. Volume 04 Nomor 02.
Fifin Sonataa, Vina Winda Sarib. 2019. Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. Vol. 8 No. 1/Juni 2019.
Fitri Erning Kurniawati. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, Vol. 9, No. 2, Agustus 2015.
Jajang Bayu Kelana, D. Fadly Pratama. 2019. Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung. Lekkas.
I Putu Suka Arsa, I Gede Nurhayata, Nyoman Santiyadnya. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Ganesha Nusantara Singaraja. Jurnal Proceeding Senadimas Undiksha. ISBN 978-623-7482-47-5
Jhon Veri, Eko Prasetia. 2017. Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Android. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi Vol. 4, No. 2, Oktober 2017, Hal. 219- 229.
Kesumaningtyas Febby, Handayani Retty. 2020. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rheumatic (Rematik) Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal TEKNOIF. Volume 8 Nomor 2.
Maskam H.M, Marta Putra Dinata, Armin Subhani. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio 8.5 Pada Materi Gejala-Gejala Di Atmosfer Dan Hidrosfer. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi. Volume 4 Nomor 1 Juni 2020.
Moh. Khusnuridlo, M. Hadi Purnomo, Muhammad Ain. 2018. Pengaruh Penggunaan Autoplay Media Studio dan Focusky Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, Vol. 1, No. 2, Desember 2018: 61-78.
Muhammad Yaumi, M.Hum, M.A, Dr. 2017. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran : Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta. Kharisma Putra Utama. Edisi kedua – cetakan ke-5.
Mujiati Hanik. 2014. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun. Jurnal Speed. Volume 11 Nomor 2.
Muntihana, Vimila. 2017. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Klinik Gigi Lisda Medica di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Undergraduate (S1) Thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Mustofa Abi Hamid, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta. Yayasan Kita Menulis.
Nana, M.Pd, Dr. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Klaten, Jawa Tengah. Lakeisah. Cetakan I 2019.
Novita Sariani, Erna Cahyana. 2021. Pengembangan Modul Menggunakan Autoplay Media Studio 8 Di Kelas XI IPS. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol. 5 No. 3
Nindy Mustika Wandani. Syaiful Hamzah Nasution. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Autoplay Media Studio Pada Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Volume 1 Nomor 2.
Nizwardi Jalinus, M.Ed, Dr, Prof dan Ambiyar, M.Pd, Dr. 2016. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
Primadya Anantyarta, Ririn Listya Ika Sari. 2017. Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Media Autoplay Dengan Metode Mea Sebagai Media Pembelajaran Matakuliah Genetika Di IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Edubidik. Vol. 2, No. 2 : Hal 13-17.
Ramen A. Purba, dkk. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Jakarta. Yayasan Kita Menulis.
Rudi Sumiharsono, MM, Dr, Prof. 2018. Media Pembelajaran. Jember. Pustaka Abadi. Cetakan ke-2, 2018.
Salim, M.Pd, Dr dan Haidir, S.Ag, M.Pd, Dr. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan Dan Jenis. Jakarta. Kencana.
Septy Nurfadhillah, M.Ed. 2021. Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, Dan Cara Penggunaan Media Pembelajaran. Sukabumi, Jawa Barat. Jejak Anggota IKAPI.
Soetam Rizky. 2011. Rekayasaa Perangkat Lunak. Jakarta. Seribu Bintang.
Sudaryono, Dr. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana Edisi-1, Cetakan-1.