SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMP DHUHAA ISLAMIC SCHOOL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Main Article Content

Alian Buchori Mulya Rahmayu

Abstract

Sistem perangkingan penerimaan peserta didik baru yang digunakan oleh SMP Dhuhaa Islamic School ini masih menggunakan cara manual. Hal ini menyebabkan data penerimaan peserta didik baru tidak tepat, contohnya terdapat pendaftar yang memiliki skor nilai yang sama sehingga panitia kewalahan dalam mengurutkan perangkingan dan meningkatnya jumlah calon peserta didik baru yang mendaftar disuatu sekolah membuat pihak sekolah perlu mengadakan penyeleksian calon peserta didik baru berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sekolah. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah metode yang dapat digunakan dalam proses perhitungan nilai kriteria agar memudahkan pihak sekolah dalam mengambil keputusan . Tujuan penelitian ini untuk membantu proses penyeleksian peserta didik baru pada SMP Dhuhaa Islamic School dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting dengan menentukan kriteria dan bobot kriteria. Kriteria dalam penerimaan peserta didik baru yaitu nilai bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan tes agama islam. Metode SAW dimulai dengan pemberian nilai pada setiap kriteria, pembobotan, normalisasi dan perangkingan dari nilai tertinggi ke terendah. Dengan perangkingan tersebut dapat ditentukan calon peserta didik yang diterima dan tidak diterima.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Buchori and M. Rahmayu, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMP DHUHAA ISLAMIC SCHOOL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 274-277, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

A. S. Zain and R. Purniawati, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting,” Sains, Apl. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, p. 18, 2020.
A. P. Giovani, T. Haryanti, and L. Kurniawati, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai Bekasi,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 06, no. 01, pp. 70–79, 2020.
D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2017.
E. A. Riyanto and T. Haryanti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teller Pooling Terbaik Pada PT. BCA Tbk. Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 128–135, 2017.