PENANAMAN SIKAP TASAMUH MELALUI AKTIVITAS RUMAH BACA ALAM KALIJAGA DI JAWA TENGAH

Main Article Content

Mohamad Ardin Suwandi Ruwandi .

Abstract

Sikap tasamuh dibutuhkan masyarakat Indonesia yang beranekaram latarbelakangnya agar dapat meminimalisir konfilk-konflik karena perbedaan, yang dapat melahirkan konfik lebih besar seperti radikalisme, fundamentalisme, hingga terorisme. Oleh karena itu salah satu jalan yang dapat ditempu untuk menanamkan sikap toleransi pada anak didik adalah melalui aktivitas pendidikan seperti di rumah baca Alam Kalijaga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan bagaimana strategi penanaman sikap tasamuh dan apa saja sikap tasamuh yang ditanamkan melalui aktivitas di rumah baca Alam Kalijaga. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan naturalistik inquiry. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi jenis bahan referensi dan memberchack. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles dan Habermen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah multiple intelligence berbasis minat dan bakat, diskusi atau dialog, keteladanan atau praktik langsung, dan permainan bersama atau kelaborasi kegiatan. Sedangkan sikap tasamuh yang ditanamkan adalah bersikap empati, saling menghormati dan menghargai, saling berbagi, tolong-menolong, kerjasama, kejujuran, dan mencintai lingkungan sekitar.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Suwandi and R. ., “PENANAMAN SIKAP TASAMUH MELALUI AKTIVITAS RUMAH BACA ALAM KALIJAGA DI JAWA TENGAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 54-64, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Afkari, S. G. (2020). Model Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran di SMA 8 Kota Batam. Pekanbaru: Yayasan Salman.
Afandi, Muhamad. dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Al-Qaradhawi, Y. (2002). Islam Agama Ramah Lingkungan. (A. H. Shah, Trans.) Jakarta: Al-Kautsar.
Al-Munawwar, Said Agil Husin. dkk. (2021). Islam Menyejukkan. Surabaya: Global Aksara Pres.
Alvionita, Gena dan Arki Auliahadi. (2020). Dinamika Islam di Indonesia Awal Abad 21. Khazana: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam , 10 (01), 23.
Amir, Saiful dan Andy Hakim. (2018). Pencegahan Sikap Intoleransi Pada Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Pancasila: Studi Kasus SMA PABA Binjai. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, (p. 56). Retrieved Desember 10, 2021, from https://repository.bbg.ac.id/bitstream/680/1/008_SAIFUL_AMIR.pdf
Anshari, M. (2020). Monitoring Intolerant Behavior In Educational Institutions. Didaxei , 1 (2).
Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Banawiratma, F. B. dkk. (2010). Dialog antar Umat Beragama: Gagasan dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Mizan Publika.
Effendi, Muhammad Ridwan. dkk. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pendidikan Multikulturalisme. Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan , 18 (1), 50.
Fariz Alniezar. dkk. (2019). Q & A: Belajar Islam, Belajar Toleransi. Jakarta: Wahid Foundation.
Farkhan, M. A. (2018). Wawasan Al-qur’an Tentang Tasamuh dan Implikasinya dalam Kehidupan Masyarakat Madapangga Kabupaten Bima: Studi Kasus di Desa Monggo. Makassar: UIN Alauddin.
Fithriyana, A. (2020). Strategi Guru BK dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Fokus Konseling , 6 (2).
Ghazali, A. M. (2016). Toleransi Beragama Dan Kerukunan Dalam Perspektif Islam. Religious: Jurnal Agama Dan Lintas Budaya , 1 (1 ).
Ghofir, J. (2017). Nilai Toleransi dalam Dakwah Nabi Muhammad saw: Menyingkap Pesan Damai Piagam Madinah. Yogyakarta: Dialektika.
Ghuddah, A. F. (2018). Muhammad Sang Guru: Menyimak Cara Mengajar Rasulullah. Jakarta: Akses.
Ghufron dan Ahmad Royani. (2020). Nilai-nilai Kejujuran dalam Pendidikan Perspektif Al-Qur’an: Tela’ah Kitab Safwah al-Tafasir Karya Syekh Muhammad Ali as-Sabuni. Fenomena , 19 (2).
Habibi, I. (2015). Dakwah Humanis: Cinta, Toleransi, dan Dialog Paradigma Muhammad Fethullah Gulen. Ciputat: Irama Offset.
Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal: Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi'in Yogyakarta. Jurnal of Early Childhood Education and Development , 1 (2).
Hidayat, Rahmat dan Henni Syafriana Nasution. (2016). Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia / LPPPI.
Irawan, D. (2019). Penanaman Nilai-nilai Toleransi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negri di Kota Buntok Kabupaten Baruto Selatan: Studi Kasus Pada SMAN 1, SMAN 2, dan SMKN. Banjarmasin: UIN Antasari.
Irsyada, Mita Nia dan Ashif Az Zafi. (2020). Peran Pendidikan Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Anak MI/SD. Tawazaun: Pendidikan Islam , 13 (2), 146.
Janah, Umratul. dkk. (2018). Islam dan Kehidupan Multikultural. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Khayati, N. A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Kusnandar, V. B. (2021, September 15). Mayoritas Penduduk Jawa Tengah Beragama Islam pada Juni 2021. Retrieved Desember 9, 2021, from https://databoks.katadata.co.id/: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/15/mayoritas-penduduk-jawa-tengah-beragama-islam-pada-juni-2021
Machasin. (2011). Islam Dinamis Islam Harmonis: Lokalitas, Pluralisme, Terorisme. Yogyakarta: LKis.
Maman Rachman. dkk. (2014). Padepokan Karakter: Lokus Pembangun Karakter. Semarang: Unnes Press.
Maulidah, E. (2019). Charakter Building dan Ketrampilan Abad 21 dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional PGSD 27 April 2019. Retrieved 10 Desember 2021, from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4740
Maznah, Nana. dkk. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Anak. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Meilani, Fuji dan Izzati. (2019). Gambaran Sikap Empati Anak Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Islam Daud Khalifatulloh Padang. Pendidikan Islam Anak Usia Din , 2 (1).
Mucharomah, M. (2017). Guru di Era Milenial dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin. Educasia Dinamika: Jurnal Pendidikan Islam , 2 (2).
Mustafida, F. (2020). Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Multikultural. Depok: Rajagrafindo Persada.
Musthofa. (2019). Tolerance Of Religious People Between Adherents Of One Religion In The Review Of Tafzir Izwaji. An-Nuha , 6 (2).
Nasikhah, Z. (2017). Penanaman Sikap Toleransi dalam Pembelajaran: Studi Kasus Multisitus SDN Nglegok 01 dan SDN Ngaron 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar . Tulungagung: PGMI UIN.
Nasir, Muhammad. dkk. (2021). Pemikiran Abdul Fattah Abu Ghuddah tentang Metode Keteladanan dan Akhlak Mulia. Teknologi Pendidikan , 10 (1).
Nur Agustiningsih dan Satriyo Pamungkas. (2017). Peranan Pendidikan Luar Sekolah dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. ISTORIA , 1 (1).
Nugraheni, Benedicta Rani. dkk. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Guna Menumbuhkan Karakter Toleransi Anak Usia 6-8 Tahun. Taman Cendekia , 5 (1).
Rasyidi, Mohammad dan Mohammad Fuad Al Amin. (2019). Konsep Toleransi dalam Islam dan Implikasinya di Masyarakat Indonesia. Madaniyah , 9 (2).
Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Shihab, Q. (2014). Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-qur’an (Vol. Hardcover). Bandung: Mizan Pustaka.
Sholeh, A. (2014). Pemahaman Konsep Tasamuh (Toleransi) Siswa Dalam Ajaran Islam. Pendidikan Agama Islam , 1 (1).
Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri , 14 (1), 11.
Syukur, Abdul dan Agus Hermanto. (2021). Konten Dakwah Era Digital: Dakwah Moderat. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alabeta.
Sumai, Sumarni dan Adinda Tessa Naumi. (2019). Drama Turgi Umat Beragama, Toleransi dan Reproduksi Identitas Bergama di Rejang Lebong. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Sumarwoto, N. A. (2015). Meningkatkan Sikap Empati Melalui Bimbingan Kelompok Berbantuan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas X.A.5.I SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Counsellia: Bombingan dan Konseling , 5 (2).
Suprastowo, Philip. dkk. (2018). Menangkal Radikalisme Dalam Pendidikan. : Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Jakarta: Menangkal Radikalisme Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
Tafsiruddin. (2020). Pluralisme dan Toleransi Dalam Kehidupan. Dakwatul Islam , 7 (2), 243.
Wahyuni, D. (2020). Anak Muda dan Dialog Keagamaan: Belajar dari Komunitas Jariangan Kerja Antar Umat Beragama di Kota Bandung. Bogor: Guepedia.
Winangsih, Wiwin. dkk. (2018). Meningkatkan Sikap Empati Melalui Metode Mendongeng Pada Anak Usia Dini. Ceria , 1 (3), 45.
Wulandari, D. (2015). Kompetensi dan Karakter Peserta Didik: Persepektif Multtple Intellegences Howard Gerdner. Seminar Nasional dan Call Papers Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bisnis dan Manajemen (p. 295). Malang: Surya Pena Gemilang.
Yahya, A. S. (2017). Fikih Toleransi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Zaitun. (2016). Sosiologi Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Zaki, M. (2018). Menyemai Toleransi Merawat NKRI. Mataram: Sanabil.