ALAT PERAGA BERBANTUAN HOLAHOP UNTUK MENINGKATKAN KEAKURASIAN MELEMPAR BOLA SISWA KELAS V

Main Article Content

Isa Ansori Edo Agung Prayogo Sutaryono . Akhmad Junaedi

Abstract

Penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall menggunakan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba. Dengan tujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan keefektifan alat peraga berbantuan holahop muatan pelajaran PJOK materi bola tangan kelas V SD. Subjek penelitian adalah siswa dan guru Kelas V SD Negeri Sawangan 03 Kabupaten Magelang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa alat peraga bola tangan berbantuan holahop sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli aalt peraga sebesar 92,5%, dan kategori sangat layak berdasarkan ahli materi sebesar 89,06%. Hasil uji t yaitu thitung = 9,21138 > ttabel = 1,98972, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga bola tangan berbantuan holahop efektif digunakan pada pembelajaran PJOK terhadap keterampilan siswa melempar bola. Hal ini diperkuat oleh N-gain data pretest dan posttest sebesar 0,406 dengan kriteria sedang.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Ansori, E. Prayogo, S. ., and A. Junaedi, “ALAT PERAGA BERBANTUAN HOLAHOP UNTUK MENINGKATKAN KEAKURASIAN MELEMPAR BOLA SISWA KELAS V”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 278-283, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Abdul, Kadir Ateng, Peranan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan, Jakarta: ISORI DKI, 2016
Budiyono, S., Anatomi Tubuh Manusia, Bekasi- Jawa Barat: Laskar Aksara, 2011
Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
Desmika W.S., Endang N.W., Setyo Purwanto. (2012). Hubungan Antara Status Gizi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Buah Hati Ketelan Banjarsari Surakarta. Jurnal Kesehatan. Vol. 5, No. 2.
Dini , Rosdiani.(2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Endang Ramdan BA, dkk.(1983). Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Angkasa. Hari A. Rachman.(2011). Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 8(1).
Hari A. Rachman & Ermawan Susanto.(2005).Bola Tangan, sebuah pengantar dalam pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryati.(2013). Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Dapat Meningkatkan Gerak Dasar Menangkap Bola Mendatar Dalam Bola Tangan Kelas V Sdn 1 Sepangjaya Kec. Kedaton Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Lampung
Heri , Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media