PENGGUNAAN DESIGN THINKING UNTUK INOVASI PRODUK FASHION BRAND LOKAL DARI YOIKOTO

Main Article Content

Anindita Nurihan Iwan Sukoco

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia sampai saat ini memberikan dampak pada semua pelaku bidang usaha sehingga perlu melakukan sebuah terobosan atau inovasi agar terus mampu bersaing. Sehingga kompleksitas yang dihadapi dapat menuntut pemecahan masalah yang solutif dan mampu terterapkan dengan baik dalam menjawab segala hambatan dan tantangan yang dirasakan. Salah satu metode yang hadir dan dapat digunakan ialah design thinking dengan menganalisis lima tahapan seperti empathize, define, ideate, prototype dan test. Tujuan penulisan artikel ini ialah untuk menjelaskan penggunaan design thinkingdalam usaha bisnis jasa logistik dengan metode analisis deskriptif menggunakan jenis literature review untuk memaksimalkan penggunaan data. Hasil yang diperoleh ialah penerapan design thinking dapat dijadikan acuan metode bagi Yoikoto dalam mengembangkan bisnis yang mereka jalani. Sejauh analisis dilakukan, design thinking bisa menjadi metode untuk pengembangn strategi membangun brand Yoikoto.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Nurihan and I. Sukoco, “PENGGUNAAN DESIGN THINKING UNTUK INOVASI PRODUK FASHION BRAND LOKAL DARI YOIKOTO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 160-162, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Brown, T. (2009). Change by Design. New York: Harper Collins.
Brown, T. (2013). Design Thinking. Harvard Business Review, pp. 1-11.
Carlgren Lisa, Maria Elmquist & Ingo Rauth. (2016). The Challenges of Using Design Thinking in Industry-Experiences from Five Large Firms. John Willey &Son Ltd.
EradatifamMahdi,Heydarabati Sahar, Shahbazi Aida. The Impact of Design Thinkingon Innovation. Journal of Design Thinking, 1(1): 49-60.
Glinski, P. 2012. Design Thinking and The Facilitation Process. Collaborative Design Workshop. NSW, Australia.
Morgan, R.M. & Hunt, S.D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing, Journal of Marketing, 58(3): 20-38.
Purnomo, Dwi.(2013). Konsep Design Thinking bagi Pengembangan Rencana Program dan Pembelajaran Kreatif dalam Kurikulum berbasis Kompetensi. KonferensiNasional Inovasi dan Technopreneurship, Halaman 1-6.
Satgas Covid-19 Kota Bandung. (2021). Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung. (online) https://covid19.bandung.go.id/ (Diakses pada 25 Mei 2021).
Sugangga, Rayan. (2020). Pengembangan Produk Menggunakan Design Thinking Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akademika, 18(2): 82-86.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Zaki,Ahmad &Sukoco, Iwan. (2018) Use of Design Thinking at Digital Technology Consultant Company Indie Labtek Bandung. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 3(2): 123-129.