MODEL CREATIVE THINKING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARANILMU PENGETAHUAN SOSIALDI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Suratno .

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengunpulkan informasi yang cukup terhadap model Creative Thinking dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur untuk mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk mengungkap atau mencari informasi mengenai model Creative Thinking sebagai inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Hasil studi yang telah dilakukan menemukan bahwa model creative thinking dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat mengkaitkan dengan masalah di kehidupan sehari-hari sehingga siswa terbiasa berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang dikembangkan mencakup aspek kognitif dan afektif. Berdasarkan hasil studi litetur dapat disimpulkan bahwa creative thinking sangat berperan penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai alat untuk meningkatkan berpikir kreatif.

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., “MODEL CREATIVE THINKING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARANILMU PENGETAHUAN SOSIALDI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 294-298, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.3.No.
Dyah Indraswati, D. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial , Vol. 7, No. 1.
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas dan Rineka Cipta.
Nurizzati, Y. (2012). Upaya Mengembangkan Kemampuanberpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Edueksos, Vol I No 2.
Ritin Uloli, P. d. (2016). Kajian Konseptual Proses Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah . Jurnal Pendidikan.
Saputra, T. A. (2019). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pedidikan Dasar.
Siswono, T. Y. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, VOLUME 15, NO 1.
Suprapti, W. (2015). Inovasi, Berpikir Kreatif Dan. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Suwarma, M. A. (2004). Pengembangan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan.
Utami, R. W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ende. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7 No. 1.
Widiyanto, R. (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Berbasis Creative Thinking . Jurnal Kependidikan