PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA SD KELAS I

Main Article Content

Erinta Eka Ruliyanti Udjang Pairin M. Basir Suyatno .

Abstract

Bahasa Jawa merupakan muatan lokal wajib untuk semua jenjang mulai dari SD sampai SMA. Tujuan dari pembelajaran bahasa Jawa salah satunya adalah sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan bahasa Jawa itu sendiri. Oleh karenanya, untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran yang interaktif yang dekat dengan siswa dan sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Peneliti mengembangkan media pembelajaran bahasa Jawa berbasis audio visual untuk siswa SD kelas I pada materi pengenalan kosakata bertema diri sendiri. Dengan adanya media ini diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis audio visual yang dapat digunakan sebagai media atau sarana belajar siswa baik di rumah maupun di rumah. Dengan adanya media tersebut, peserta didik tidak lagi kesusahan dalam menerima materi, justru semakin mudah dan gampang memahami materi yang disampaikan oleh pendidik (guru). Hal tersebut merupakan bagian dari strategi pembelajaran untuk mempercepat pemahaman materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu, media yang dihasilkan dalam penelitian ini sudah mengikuti perkembangan teknologi, sehingga cukup menarik bagi siswa untuk mempelajarinya.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Ruliyanti, U. M. Basir, and S. ., “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA SD KELAS I”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 486-492, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Arafik, Muhammad. (2013). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar Berbasis Karakter. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Harimurti, dkk. (2001). Wiwara Pengantar Bahasa dan Kebudayaan Jawa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Haryono, D. A. (2014). Metode Praktis Pengembangan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media.
Haryono,Dwi Ari. (2015). Metode Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media dan Pustaka Inspiratif.
Isjoni. (2011). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/188/KPTS/013/2005 tentang Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk Jenjang Pendidikan SD/SDLB/MI dan SMP/SMPLB/MTs Negeri dan Swasta Provinsi Jawa Timur.
Khasanah, Dewianti. (2012). Kedudukan Bahasa Jawa Ragam Krama pada Kalangan Generasi Muda: Studi Kasus di Desa Randegan Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto dan di Dusun Tutul Kecamatan Ambulu, Jember. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 9(2), 457-466. Diunduh dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/877
Latif, Mukhtar, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/Madrasah.
Prasetyo, Ichwan. (28 November 2011). Catatan dari Kongres Bahasa Jawa V (Bagian I). Solopos.com. Diunduh dari https://www.google.com/amp/s/m.solopos.com/catatan-dari-kongres-bahasa-jawa-v-bagian-i-126916/amp
Sadiman, S. Arief, dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkomdikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Sasongko, Sry Satriya Tjatur Wisnu. (2009). Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. (Editor: Yeyen Maryani). Jakarta: Yayasan Paramalingua.
Setiyanto, Aryo Bimo. (2010). Paramasastra Bahasa Jawa. Yogyakarta: Panji Pustaka.
Sudjana, N. & Rifai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharti & Suardiman, Siti Partini. (2010). Pengembangan Buku Pegangan Guru Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Bahasa Jawa. Jurnal Litera, 9(1), 80-90. Publikasi online. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v9i1.1219
Sukiman. (2012). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sumanto. (2010). Media Pembelajaran di SD. Malang: FIP UM.
Supartinah. (2010). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas VI Sekolah Dasar dengan Model Pembelajaran STAD dalam Role Playing. Jurnal Widyaparwa, 38(2), 117-126. Publikasi online. DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v38i2.16
Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Suyanto, Slamet. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, Henry Guntur. (2009). Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.